Menpora Dito terima Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Nararya

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotejo menerima Penghargaan Mahaputera Nararya dari Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Rabu.

Berdasarkan siaran pers resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kamis, Presiden Joko Widodo secara pribadi menyerahkan Penghargaan Quintana Mahaputera Nararya kepada 64 warga, termasuk Menpori Dito Ariotejo.

Acara penghargaan diawali dengan penampilan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilakukan hening sejenak untuk mengenang para pahlawan.

Penghargaan yang diterima sebanyak 61 orang, antara lain Medali Perintis, dua Bintang Republik Indonesia, 39 Bintang Mahaputra, 17 Bintang Jasa, dan Penghargaan Parama Dharma Bidang Kebudayaan.

Penganugerahan penghargaan dan tanda kehormatan tidak lepas dari peran serta 64 warga ini dalam berbagai bidang pada masa pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin.

Upacara penghargaan ini merupakan bagian dari beberapa kegiatan dalam rangka memperingati 79 tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Tahun ini, Presiden memberikan persetujuannya terhadap pemberian tanda kehormatan dan penghargaan atas rekomendasi Dewan Penghargaan.

Bintang Mahaputera merupakan penghargaan tertinggi kedua yang diberikan oleh pemerintah Republik Indonesia, satu tingkat di bawah Bintang Republik Indonesia.

Penghargaan ini resmi ditetapkan pada tahun 1959. Bintang ini diberikan kepada pihak-pihak yang mendukung keutuhan, kelangsungan dan kehormatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai penerima penghargaan, Presiden Indonesia menjadi pemegang penghargaan kelas satu “Bintang Mahaputera Adipurna” ini. Seperti halnya Presiden, Wakil Presiden Indonesia pun mendapat penghargaan kelas satu tersebut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours