MAMI nilai stabilitas rupiah jadi titik balik sentimen investor

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Head of Economics and Investment PT Manulife Asset Management (MAMI), Katarina Setiawan, menilai stabilitas nilai tukar rupiah akan menjadi kunci perubahan sentimen investor di pasar saham Tanah Air.

Pada MAMI Market Update: Winds of Change yang digelar di Jakarta, Rabu, Katarina Setiawan mengatakan pihaknya memperkirakan rupiah akan berada di level Rp15.400-16.000 terhadap dolar AS pada akhir tahun.

Dia mengatakan krisis keuangan memberikan kontribusi positif bagi pasar untuk penurunan suku bunga oleh bank sentral AS dan The Fed.

“Ekspektasi terhadap The Fed berubah pada bulan Juli seiring dengan meredanya tekanan inflasi dan investor asing mulai melakukan minat beli pada ekuitas dan saham (setelah mencatatkan net sell selama 3 bulan berturut-turut),” ujarnya.

Katarina mengatakan meredanya tekanan terhadap rupiah disebabkan oleh imbal hasil Surat Berharga Rupiah Bank Indonesia (SRBI) yang lebih rendah dari rata-rata.

Dia mengatakan pelonggaran tekanan terhadap rupiah dan kembalinya modal asing ke pasar domestik dapat menyebabkan Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga.

Meski mata uang dalam negeri berada di bawah target, namun penurunan tersebut diperlukan karena tingkat konsumsi dalam negeri semakin menurun.

Meski demikian, Katarina menilai BI rate masih akan lebih baik dibandingkan Fed rate.

Hal itu dilakukan dalam rangka memperlebar selisih suku bunga dengan AS untuk menjaga stabilitas moneter. Perkiraan pasar, BI rate akan turun 100 basis poin (bps) dan Fed rate sebesar 150 bps pada akhir tahun 2025. ” katanya. .

Meskipun ada tanda-tanda positif dari penurunan suku bunga oleh The Fed dan The Fed, ia mendesak investor untuk mempertimbangkan beberapa faktor risiko.

Misalnya, adanya kemungkinan terjadinya perkembangan situasi geopolitik global yang tidak terduga, khususnya di kawasan Timur Tengah, risiko resesi AS, dan dampak kebijakan fiskal domestik baru.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours