Demo Kawal Putusan MK, Seribuan Mahasiswa UI Naik Bus dan Angkot ke Gedung DPR

Estimated read time 1 min read

DEPOK – Ribuan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berangkat dari Depok menuju Gedung DPR, Sinan, Jakarta pada Kamis (22/8/2024). Mereka mendatangi Gedung DPR untuk mempertahankan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang ditolak Badan Legislatif (Balig) DPR.

Pantauan SINDOnews di halaman FISIP UI, puluhan bus dan angkutan umum sedang mengangkut ribuan mahasiswa UI dengan pendamping. Mahasiswa UI terlihat mengenakan gaun kompak berwarna hitam dengan jaket kuning.

Sejumlah spanduk berisi kritik “Tolak politik keluarga”, “Jangan main-main dengan demokrasi kita” dan lainnya terlihat terpampang di badan bus mahasiswa UI.

Sebelumnya, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) Viral Oziel mengatakan, agenda hari ini adalah memantau putusan Mahkamah Konstitusi. 60/PUU-XXII/2024 yang coba dibatalkan Badan Legislatif DPR RI (Balig) dengan menerbitkan UU Pilkada.

“Agenda hari ini tentu saja kita ingin menyelamatkan putusan MK yang telah keluar kemarin, namun DPR berusaha membatalkannya dengan menerbitkan RUU Pilkada, sehingga mahasiswa UI akan maju ke DPR. RI hadir untuk pastikan wakil rakyat kita tidak melakukan tindakan yang tidak diinginkan rakyat,” kata Wirrell saat ditemui di UI, Depok, Kamis (22/8/2024).

Data terakhir mahasiswa UI yang menjadi anggota DPR sebanyak 1.100. “Hal ini menjadi harapan masyarakat UI, nantinya BEM akan bergabung dengan BEM beserta seluruh departemen UI dan 15 BEM fakultas yang ada,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours