Indra Sjafri: Di sepak bola, yang terpenting adalah menang

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (Antra) – Indira Sajafri, pelatih timnas U-20 Indonesia, menilai bermain sepak bola dengan indah saja tidak cukup. Menurutnya, hal terpenting dalam sepak bola adalah mengakhirinya dengan kemenangan.

Hal itu diungkapkan pelatih berusia 61 tahun itu usai mengalahkan Maladewa U-20 dengan skor 4-0 pada laga pertama kualifikasi Grup F Piala Asia AFC U-20 2025 di Stadion Madia Gelora Bung Karno. GBK), Jakarta, Rabu.

Indonesia bermain bagus sejak menit pertama. Namun, tak ada satu pun peluang emas yang tercipta hingga 45 menit pertama usai.

“Bermain bagus saja tidak cukup. Hal utama dalam sepak bola adalah menang. Apa gunanya bermain bagus tapi menang?”

Kata-kata tersebut diucapkan Indira kepada para pemainnya di ruang ganti saat timnya kesulitan mencetak gol di babak pertama.

Indira kemudian melakukan pergantian cepat di babak kedua dengan mengganti tiga pemainnya, Mufli Hidayat, Erlinsia Abdulmanan, dan Risky Afrisal, termasuk Mohamed Raghil, Meshaal Hamzah, dan Figo Denis.

Pergantian tersebut sesuai keinginan pelatih Batang Kapasi Sumbar itu, di mana Garuda selalu berhasil mencetak empat gol dalam waktu 13 menit melalui Aditya Varman (52′), Figo Dennis (54′), Tony Fermancia (57′). dan Janes Raven (65′).

“Makanya saya bilang sebaiknya ganti. Saya keluarkan dua pemain sayap. Saya datangkan striker dan saya masukkan gelandang. Alhamdulillah berhasil,” bebernya.

Terkait hal tersebut, Indira mengaku cukup puas dengan performa anak-anak timnya saat melawan Maladewa.

Ia tak sedikit menyayangkan penyelesaian buruk pemainnya, meski menang dengan empat gol tanpa balas.

“Tapi bertahan semua yang lain, melakukan serangan balik dan memperkuat, memecah belah dan sebagainya, penyelesaian akhir saja yang jadi masalah,” tutupnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours