Ini Daftar Wilayah yang Berpotensi Dilanda Hujan Sedang sampai Lebat hingga 5 Agustus

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat atau deras yang mungkin terjadi di beberapa wilayah di Indonesia pada 30 Juli hingga 5 Agustus 2024.

BMKG menyebutkan, saat ini Indonesia khususnya wilayah selatan masih memasuki musim panas, bahkan beberapa wilayah di wilayah selatan Indonesia sudah memasuki puncak musim panas. Sejak tiga hari terakhir, cuaca cerah hampir terjadi di seluruh Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Kalimantan Selatan.

Situasi ini merupakan kejadian yang terjadi pada bulan Juli, mengingat wilayah Indonesia bagian selatan sedang berada pada puncak musim panas, tulis BMKG, Selasa (30/7/2024).

Namun BMKG memperkirakan minggu depan akan turun hujan lagi di beberapa wilayah Indonesia seperti Aceh, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Sumsel, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur. , Kalimantan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku dan Papua.

“Hal ini berdasarkan gelombang Rossby Khatulistiwa dan gelombang Kelvin yang diperkirakan aktif di wilayah tersebut. Selain itu, suhu sendiri mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap proses transportasi dari bumi ke atmosfer, ujarnya.

Analisis dan pantauan BMKG menunjukkan curah hujan di wilayah selatan Indonesia pada pekan lalu masih sangat rendah pada 23-28 Juli 2024. Namun, pada tanggal 24 Juli, hujan lebat tercatat di stasiun meteorologi Torrea, Fak-Fak (59,0 mm/hari).

Pada tanggal 25 Juli di stasiun meteorologi Andi Jemma, Luvu Utara (61,0 mm/hari), di stasiun meteorologi Sangia Ni Bandanera (56,0 mm/hari), Kolaka. Frans Sales Lega – Stasiun Meteorologi Manggarai pada tanggal 27 Juli (58,6 mm/hari). Gelombang Rossby Khatulistiwa diperkirakan aktif di Aceh, Jawa, Bali, NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara, dan Papua pada 30 Juli hingga 5 Agustus 2024.

Aktivitas gelombang Kelvin diprakirakan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan, Sulawesi (Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi, Utara) pada 30 Juli hingga 2 Agustus 2024. peningkatan kemungkinan hujan. untuk awan di area ini.

Secara keseluruhan, kombinasi kejadian cuaca tersebut diperkirakan akan menghasilkan cuaca buruk berupa angin topan dengan kemungkinan hujan lebat disertai petir dan angin kencang antara tanggal 30 Juli hingga 5 Agustus 2024. daerah.

– Kartu as

-Riau,

– Jambi,

– Sumatera Utara,

– Sumatera Barat,

– topi. Riau,

– Sumatera Selatan,

– topi. Banka Belitung,

– teman

– DKI Jakarta,

– Jawa Barat,

– Ceri

-NTB,

– Kalimantan Tengah,

– Kalimantan Utara,

– Kalimantan Barat,

– Sulawesi Barat,

– Sulawesi Selatan,

– Sulawesi Tengah,

– Sulawesi Tenggara,

– Papua Barat Daya,

– Papua Tengah,

– Papua Selatan,

– Pegunungan Papua,

– Papua.

Kemungkinan angin kencang di wilayah tersebut.

– topi. Banka Belitung,

– Sumatera Selatan,

– Sumatera Utara,

-NTT,

– Jawa Barat,

– KU Yogyakarta,

– Kalimantan Selatan,

– Kalimantan Barat,

– Sulawesi Selatan,

-Maluku,

– Papua Barat,

– Papua Selatan,

– Papua Tengah

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours