Telkomsel hadirkan Hyper AI maksimalkan layanan pelanggan

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Telkomsel memperkenalkan Hyper AI, sebuah pendekatan end-to-end berbasis AI (kecerdasan buatan) yang sepenuhnya berpusat pada pelanggan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan, meningkatkan kualitas interaksi pelanggan, dan memberikan layanan yang lebih responsif dan tepat sasaran.

“Penerapan Hyper AI baik dalam operasional jaringan maupun komunikasi pelanggan memungkinkan kami memberikan layanan yang lebih efisien, jaringan yang lebih andal, dan kenyamanan pelanggan yang lebih baik,” ujar Indra Mardiatna, Network Manager Telkomsel. bertemu a. rapat rapat di Kecamatan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis.

Telkomsel Hyper AI telah diimplementasikan dalam berbagai sistem jaringan otomatis yang mendukung pengelolaan jaringan secara proaktif dan efisien menggunakan teknologi AI dan ML. Telkomsel telah memperkenalkan teknologi ini selama kurang lebih 1,5 tahun dan kini terus menunjukkan tren yang lebih baik.

Implementasi ini terbagi menjadi tiga pilar utama pendukung peningkatan kinerja dan kualitas jaringan, yaitu pengalaman pelanggan berbasis AI (AI Service Operations Center/AISOC), pengoperasian jaringan berbasis AI (AI Network Assurance Platform/AINAP) dan AI – Foundation- perencanaan jaringan berbasis (Artificial Intelligence Network Planning/AINEP).

Dengan sistem Hyper AI, Telkomsel dapat menghadirkan jaringan yang lebih cerdas yang memungkinkan perencanaan tepat sasaran, otomatisasi operasional yang efisien, dan pemantauan pengalaman pelanggan secara real-time. Manajemen jaringan menggunakan kecerdasan buatan tidak hanya meningkatkan kinerja jaringan secara keseluruhan, namun juga memainkan peran penting dalam memastikan kepuasan pelanggan yang berkelanjutan. Misalnya, Ramadhan dan Idul Fitri 2024 termasuk periode tersibuk tahun ini. Selama periode ini, Telkomsel telah menggunakan teknologi Hyper AI yang telah diaktifkan di lebih dari 444 lokasi sibuk di Indonesia. Berkat optimalisasi Hyper AI, 90 persen tugas manual berhasil diotomatisasi, meningkatkan kecepatan penyelesaian masalah hingga enam kali lipat dan mengurangi jumlah keluhan pelanggan sebesar 22 persen. Selain menerapkan Hyper AI untuk meningkatkan kinerja jaringan, Telkomsel juga menerapkan teknologi ini untuk memberikan komunikasi yang lebih baik dengan pelanggan. Terdapat mesin hiper-personalisasi berbasis AI (misalnya aplikasi My Telkomsel), bantuan virtual layanan pelanggan berbasis AI (misalnya asisten virtual Veronika dan Ted) dan penanganan keluhan pelanggan berbasis kecerdasan buatan (misalnya AISOC dan asisten virtual Veronika). Keberhasilan Telkomsel dalam mengimplementasikan Hyper AI juga diakui secara global dengan meraih tiga penghargaan TM Forum Innovation 2024, yakni “Best Moonshot Catalyst”, “Outstanding Catalyst”, dan “Outstanding Catalyst”. “Telkomsel tidak hanya memenuhi kebutuhan pelanggan yang ada, tetapi juga membangun landasan digital yang kokoh untuk membuka berbagai peluang baru bagi masyarakat,” tutup Indra.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours