Teten dorong hilirisasi hasil riset untuk dukung pertumbuhan startup

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong komersialisasi dan komersialisasi hasil penelitian untuk mendorong pertumbuhan start-up di Indonesia.

Teten menekankan pentingnya menghubungkan hasil penelitian, baik dari perguruan tinggi maupun proposal terbuka, dengan dunia industri.

“Penelitian tidak boleh berhenti pada publikasi ilmiah saja, tapi harus dilakukan hilirisasi, industrialisasi, dan komersialisasi,” ujarnya di Jakarta, Selasa.

Lembaga yang dapat berperan aktif dalam proses selanjutnya adalah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Teten mengatakan, pihaknya telah membuka komunikasi dengan BRIN agar hasil penelitian para akademisi dan profesional dapat dimanfaatkan langsung oleh para startup untuk mengembangkan produk dan layanan yang inovatif.

Selain dukungan BRIN, Teten juga menyoroti pentingnya peran inkubator dalam ekosistem startup. Inkubator baik di kampus maupun swasta diharapkan dapat memberikan pendampingan menyeluruh kepada start-up mulai dari tahap ide hingga tahap komersialisasi.

“Dengan ekosistem yang kuat, startup Indonesia akan lebih mudah mendapatkan pendanaan dari modal ventura global,” ujarnya.

Pemerintah juga mendorong start-up untuk fokus pada sektor-sektor yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi, seperti pendidikan, teknologi, dan pertanian.

“Kami ingin mendorong diversifikasi start-up ke sektor produktif, dan tidak hanya fokus pada e-commerce dan sistem pembayaran,” pungkas Teten.

Hingga September 2024, Kementerian Koperasi dan UKM telah memberikan bantuan percepatan dan inkubasi kepada 713 start-up. Teten mengatakan, Kementerian juga telah melaksanakan program Startup Go Global 2024 yang mencakup tujuh inkubator dan 11 startup yang mengikuti study tour di Belanda dan Australia.

Startup berharap menjadi wirausahawan kelas dunia yang mampu menghasilkan sumber pertumbuhan dan sumber daya ekonomi baru.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours