KPU Tegaskan Mantan Gubernur Daerah Lain Bisa Nyalon di Pilkada Jakarta

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menyebut mantan gubernur dari daerah lain bisa maju pada kontestasi Pilkada Jakarta 2024. KPU menyoroti hal itu menanggapi isu mantan Gubernur Banten Rano Karno mencalonkan diri sebagai wakil gubernur Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Soal syarat pasangan calon, salah satunya adalah tidak pernah menjadi gubernur di daerah yang sama selama dua periode berturut-turut, kata Anggota KPU DKI Jakarta Astri Megatari di kantor KPU DKI, Jakarta Pusat, Sabtu. 2024).

Dengan demikian, kata dia, persyaratan tersebut sangat mengontrol para mantan kepala daerah, dalam hal ini mantan gubernur, yang ingin kembali mencalonkan diri pada pilkada Jakarta mendatang.

“Misalnya, kalau ada yang pernah menjadi gubernur di suatu daerah, maka dia tidak bisa mencalonkan dirinya sebagai wakil gubernur atau gubernur di daerah itu. Tapi di daerah lain tidak disebutkan,” ujarnya.

Politisi PDIP Masinton Pasaribu sebelumnya menyebut selain nama Anies Baswedan di luar kader PDIP, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama dan anggota DPR termasuk nama lain yang berpeluang dihelat di Pilkada Jakarta 2024. Dari Fraksi PDIP Rano Karno.

“Secara internal ada beberapa nama. Ada Pak BTP (Basuki Tjahaja Purnama), Rano Karno, Andhika, Bu Risma. Ini nama-nama yang muncul. Artinya masih ada nama lain, dan sudah tersaring. keluar dan DPP,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (24 Agustus 2024).

Terkait diangkatnya Anies ke Babagub Jakarta oleh PDIP dan kemungkinan Anies bisa dikawal, Masinton menyerahkan semua hal itu ke DPP PDIP. Partai besutan Anies Baswedan terbuka kemungkinan bergabung dengan PDIP.

Tanya Sekjen Direktur Jaksa Penuntut Umum (Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto), PDIP sangat terbuka untuk mengembangkan kerja sama. Katanya, salah satu nama yang diajukan DPD PDIP Jakarta, salah satu nama dari luar selain Pak .Anies Baswedan,” ujarnya. katanya

“Kalau ada yang mau bergabung dengan PDIP, kami pasti terbuka.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours