Kemenhub tingkatkan konektivitas di Bekasi dengan angkutan umum JRC

Estimated read time 3 min read

JAKARTA (ANTARA) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan meningkatkan konektivitas di Bekasi, Jawa Barat dengan menawarkan layanan angkutan umum Jabodetabek Residence Connexion (JRC) melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

“BPTJ telah membuka Jabodetabek Residence Connexion atau JRC di Bekasi untuk mendukung penggunaan angkutan umum massal,” kata Sekretaris BPTJ Dedi Kahyadi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

BPTJ menyebutkan, layanan JRC di Bekasi diperuntukkan bagi dua rute yang melintasi Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. Rute pertama dari Harapan Indah Residence ke Stasiun MRT Blok M dan rute kedua dari Harapan Indah ke Pasar Baru.

“Bendera kedua destinasi yang dimaksud adalah Pasar Modern Kawasan Harapan Indah 2 RT. 10/RW.8, Pusaka Rakyat, Tarumanegara, Bekasi, digelar hari ini, Selasa, ”kata Dedi.

JRC disediakan oleh Kementerian Perhubungan BPTJ yang merupakan Pemerintah Pusat. Dinas Perhubungan Kota Bekasi dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi; Dijelaskannya, hal tersebut merupakan kerja sama antara pengembang perumahan PT. Hasana Damai Putra dan operator bus PT. Sinar Jaya Megah Langgeng.

Dedi berharap kemitraan antara pemerintah dan swasta akan memungkinkan adanya pembagian modal dalam penggunaan angkutan umum.

“Sesuai Keputusan Presiden Nomor 55 Tahun 2018 tentang rencana induk transportasi Jabodetabek, hal ini menjadi salah satu indikator utama tercapainya 60 persen masyarakat menggunakan angkutan umum pada tahun 2029,” jelas Dedi.

Jumlah kapal yang beroperasi di kedua arah ada tiga, ujarnya. Halte Harapan Indah ke Stasiun MRT Blok M – Pasar Modern Kota Harapan Indah; Sayana, Halte Harmoni, Asera, RS. Citra Harapan, berakhir di Ring Road Senayan dan Blok M.

Harapan Indah ke Halte Pasar Baru – Pasar Modern Kota Harapan Indah, Sayana, Halte Harmony, Asera, RS. Citra Harapan, Atrium Cempaka Putih Senen, berakhir di Stasiun Gambir dan Pasar Baru.

Tiket pulang pergi Rp 25.000 tunai. Perkiraan waktu tempuh dari Harapan Inda ke Stasiun MRT Blok M adalah 1 jam 6 menit, dan dari Harapan Inda ke Pasar Baru adalah 49 menit.

JRC mulai memproduksi unit pendingin udara (AC); Standar kursi yang mudah disesuaikan; Dedi menambahkan, sudah memenuhi standar pelayanan minimal, sehingga setiap pengguna bisa melakukan pengisian daya tanpa boleh duduk atau berdiri di kursi. Tablet atau port USB untuk ponsel dan 43 kursi di depan.

“JRC atau Jabodetabek Residence Connexion merupakan layanan transportasi yang diluncurkan BPTJ sejak tahun 2017 untuk menghubungkan pemukiman dan pusat pemukiman di Bodetabek dengan pusat bisnis dan kegiatan di Jakarta,” kata Dedi.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi Reza Nur Alam berharap layanan tersebut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan memberikan manfaat bagi seluruh pengguna.

“Layanan baru ini tidak hanya menjadi layanan angkutan umum bagi masyarakat, namun juga merupakan langkah penting dalam meningkatkan konektivitas antar wilayah serta menghadirkan mobilitas yang efisien dan nyaman,” kata Reza.

Selain itu, karena hadirnya layanan baru ini, operator, badan pemerintah daerah; Kementerian Perhubungan dan pengembang perumahan diharapkan dapat memberi nilai tambah pada kawasan yang dikembangkan.

Direktur Operasional Kota P.T. Hasana Damai Putra Andar Vidya Harapan mengaku yakin wilayah Inda akan memudahkan akses ke Jakarta.

“Dengan dibukanya layanan ini, tempat-tempat seperti Kota Harapan, Kota Segara, dan Terra Damai mudah dijangkau dari pusat kota,” kata Andar.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours