Apakah Wajar Gadai SK Pelantikan Anggota Legislatif? Ketua DPRD Malang: Rata-rata Rp200 Juta

Estimated read time 2 min read

MALANG – Pj Ketua DPRD Malang, Riandiana Kartika saya ajak bicara soal jumlah anggota parlemen yang mengeluarkan surat perintah (SK).

Di Malang, setidaknya ada 17 anggota DPR yang dilaporkan menerima dokumen perintah pemerintah untuk diserahkan anggota DPR ke Bank Jatim sebagai jaminan pembayaran utang.

Riiandiana Kartika mengatakan, komitmen terhadap perintah bank merupakan hal yang lumrah terjadi pasca pengambilan sumpah anggota DPRD.

Bank pun memanfaatkan masa ini dengan memberikan pinjaman yang dijamin sesuai aturan yang ditetapkan anggota DPRD.

“Hal ini sebenarnya terjadi di mana-mana, dimana Bank Jatim, bank daerah, kerap memberikan kami pinjaman, KPR, dan pinjaman untuk berbagai keperluan,” kata mereka kepada wartawan, Jumat (6/9/2024).

Menurut dia, proses peminjaman SK tidak memerlukan persetujuan presiden sementara, karena merupakan urusan pribadi masing-masing anggota DPR. Oleh karena itu, Anda belum menyebutkan secara detail apakah legislator siap mengambil langkah tersebut atau tidak.

“Kalau tidak melalui ketua DPRD dan bersifat pribadi tidak perlu izin presiden, cukup presiden masing-masing partai mempunyai kebijakan yang sama dengan masing-masing partai, tentu akan ada batasannya. . ambil pinjamannya),” jelas pria yang juga Ketua DPC PDIP itu.

Dia mencontohkan, Partai PDIP tidak melarang perintah pinjol tersebut. Namun pihaknya telah menetapkan batasan agar pinjamannya tidak besar dan tidak membebani anggota saat mencicil.

“Khusus PDIP, kita hanya turunkan 30 persen dari harga rumah, dari pemasangannya dan tidak lebih dari itu ya, kalau 30 persen, plafon atasnya Rp 300 juta. Tapi tidak ada yang ambil dalam jumlah besar. , rata-rata Rp 200 juta,” ujarnya.

Ia mengatakan, dirinya mengimbau seluruh anggota DPRD di Malan untuk memanfaatkan kegiatannya agar efektif menghasilkan, bukan membelanjakan. Oleh karena itu, pinjaman memperoleh hasil yang lebih tinggi.

“Saya mohon sekali, jika mengambil pinjaman untuk kegiatan menghasilkan kekayaan, jangan digunakan untuk mendapatkan hasil menjadi konsultan, misalnya membangun rumah atau membeli tanah, saya mendukungnya tetapi jika untuk kegiatan makan, membeli tanah. mobil. itu adalah sesuatu yang tidak kami rekomendasikan sama sekali,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, 17 anggota DPRD Kabupaten Malan periode 2024-2029 telah mendapat perintah pemerintah untuk ikut serta. Meski baru diluncurkan pada 24 Agustus 2024.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours