Wushu – Jawa Barat optimistis penuhi target empat medali emas

Estimated read time 2 min read

Deli Serdang (Antara) – Manajer tim Wushu Jawa Barat Edwin Senjaya mengatakan mereka bisa meraih empat medali emas di PON Ache-Sumut 2024, berkat bimbingan menyeluruh yang saya berikan kepada para pemain.

Kata Edwin kepada ANTARA di GOR Disporas Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu.

Edwin menjelaskan, Jabar mengincar satu medali emas di nomor Tayor dan tiga medali emas di nomor Sanda. Pada PON terakhir yang digelar di Papua Provinsi Jawa Barat berhasil meraih medali emas bersama Sanda no.

Pada kategori nonsen putri, Tasha Ayu Pushpa Devi berhasil mewujudkan cita-citanya meraih medali emas dengan handuk. Tasha berpeluang menambah perolehan medali dari nomor kombinasi Nandao dan Nangun putri yang dipertandingkan hari ini.

Edwin mengatakan, persiapan para atlet pencak silat Jabar tidak dilakukan secara instan, melainkan matang sejak Pekan Olahraga Provinsi (Porprof) yang diikuti para atlet papan atas yang mengikuti pemusatan latihan panjang.

Di ajang Sanda, para atlet dapat mengikuti kompetisi multidisiplin seperti Muay Thai, MMA, dan kickboxing serta mengasah kemampuannya di berbagai arena pertarungan.

Selain itu, para atlet berlatih intensif di Tiongkok selama sebulan penuh dari akhir Juli hingga akhir Agustus tahun ini.

Edwin mengatakan, langkah itu diambil untuk meningkatkan standar teknis dan fisik dan para pemain akan dilatih langsung oleh pelatih tingkat internasional untuk menambah pengalaman.

“Dari segi pelatih, kami sudah diperkuat oleh pelatih-pelatih lokal, sehingga kami manfaatkan untuk menimba ilmu bagi para pemain dan pelatih.”

Edwin mengatakan, pengembangan mental menjadi fokus utama tim dalam mempersiapkan para pemain.

Tim pelatih selalu mengingatkan dan memotivasi para atlet agar fokus, percaya diri dan terkendali sebelum bertanding.

“Kalau soal Tayor, orang yang sangat percaya diri dengan permainannya terkadang bisa kehilangan terlalu banyak kendali. Jadi percaya diri, tapi kendalikan dengan baik,” pungkas saya.

Hingga hari kedua pertandingan wushu, Jabar sudah mengoleksi satu medali emas. Kami pikir atlet top dengan nomor Mita akan lebih banyak meraih medali.

Juara PON Papua Iman Lesmana ada di kategori 75kg putra. Sementara di nomor 48kg putra, juara PON 2016 dan peraih medali perak SEA Games 2019 Ade Permana menyedot perhatian Jawa Barat.

Sementara di kategori 48kg putri, Deena Ratna Devi terpilih dengan cepat untuk melaju ke babak semifinal setelah dilakukan pengundian. Hal ini semakin menguatkan optimisme Jabar akan mempunyai pundi-pundi lebih banyak.

Kompetisi pencak silat yang digelar pada 12-15 September ini memperebutkan 9 medali emas, 29 medali perak, dan 40 medali perunggu yang diperebutkan dalam 29 cabang olahraga.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours