Dirjen WHO akan gelar pertemuan komite darurat bahas skala wabah Mpox

Estimated read time 2 min read

Washington (ANTARA) – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Rabu mengatakan akan membentuk komite darurat untuk memberi nasihat kepadanya apakah wabah cacar monyet terbaru di negara Afrika tengah itu bisa menjadi darurat internasional. . mewakili.

“Karena penyebaran #mpox di luar #DRC (Republik Demokratik Kongo), dan kemungkinan penyebarannya ke negara-negara lain di dalam dan di luar Afrika, saya memutuskan untuk menghubungi Komite Darurat di bawah Organisasi Kesehatan Dunia untuk memberikan nasihat mengenai hal ini. apakah wabah ini merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat, “ini adalah kekhawatiran global,” katanya tentang X.

Komite akan segera bertemu, kata Ghebreyesus.

Panitia akan terdiri dari para ahli independen dari seluruh dunia yang bekerja di berbagai bidang terkait, lanjutnya.

Menurut data yang diberikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika, 15.074 kasus Mpox (2.853 terkonfirmasi; 12.221 dugaan) dan 461 kematian telah tercatat di 12 negara anggota Uni Afrika dalam delapan bulan terakhir.

Data menunjukkan peningkatan kasus sebesar 160 persen dan peningkatan kematian sebesar 19 persen pada tahun 2024 dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023.

Wabah ini dan peningkatannya yang dramatis diperhatikan oleh Kinshasa.

Pada akhir Juli, Doctors Without Borders di Kongo mengatakan kasus-kasus tersebut telah terjadi di 23 dari 26 provinsi di negara tersebut, termasuk kamp pengungsi yang padat di sekitar Goma, Kivu Utara.

Cacar monyet, juga dikenal sebagai “cacar”, adalah penyakit virus langka yang menyebar ke manusia.

Biasanya penyakit jenis ini merupakan penyakit ringan yang sebagian besar penderitanya akan sembuh dalam waktu beberapa minggu, namun ada pula yang mungkin mengalami komplikasi.

Badan Perlindungan Kesehatan Inggris mencatat bahwa cacar monyet bukanlah penyakit menular seksual, namun dapat ditularkan melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Gejala awal cacar monyet antara lain demam, sakit kepala, nyeri otot, nyeri punggung, pembengkakan kelenjar getah bening, demam, dan kelelahan.

Ruam bisa terjadi, sering kali dimulai di wajah dan menyebar ke bagian tubuh lain.

Sumber: Sputnik-OANA

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours