50 Hektare Lahan Terbakar di Gunung Bromo, Penyebab dalam Penyelidikan

Estimated read time 2 min read

MALANG – Kebakaran hutan di kawasan Gunung Batok, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan telah merambah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Penyebab kebakaran sedang diselidiki.

Berdasarkan informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, kebakaran terjadi sekitar pukul 17.30 WIB dan melalap sejumlah wilayah Desa Dusun Mororejo, Podokoyo, dan Kandangsari.

Kebakaran terjadi dengan cepat di kawasan hutan kering akibat musim kemarau panjang.

“Petugas masih melanjutkan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran ini, apakah disebabkan oleh faktor alam atau ulah manusia,” kata Direktur Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Abdul Muhari, Senin (24/6). . Ya.” /2024).

BPBD Kabupaten Pasuruan segera melakukan penyelidikan dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memadamkan api. Tim gabungan terus memadamkan dan memadamkan api dengan menggunakan senjata gepyok dan jetshooter.

Upaya evakuasi dan perlindungan terhadap masyarakat yang berada di sekitar lokasi telah dilakukan untuk menjamin keselamatan warga sekitar. Tidak ada laporan adanya korban jiwa akibat kebakaran tersebut. Tidak ada harta benda yang hilang, kata Aam yang bermarga Abdul Muhari Di sana adalah 50 hektar lahan yang terbakar.”

Hari ini, tim gabungan melakukan patroli untuk mengkaji situasi kebakaran dan memastikan tidak terjadi kebakaran baru.

Yang terjadi saat ini, asap masih banyak terlihat di sebelah barat Gunung Batok, namun api sudah bisa dikendalikan. Tidak terpantau titik api di Situs Sipongi kawasan Gunung Batok, menandakan api sudah mereda.

Cuaca di lokasi terlihat bagus, membantu memadamkan api dan memantau pekerjaan.

BNPB meminta masyarakat di wilayah tersebut berhati-hati dan tidak melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan kebakaran, seperti membakar sampah di hutan atau memegang barang-barang yang mudah terbakar.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours