Jangan Tergoda Harga Murah, Lakukan Hal Ini sebelum Beli Mobil Bekas

Estimated read time 2 min read

Jakarta – Mobil bekas lebih menjadi pilihan masyarakat Indonesia dibandingkan mobil baru karena memiliki anggaran yang terbatas. Namun dalam memilih mobil bekas sebaiknya berhati-hati agar tidak tertipu dan menghadapi masalah besar di kemudian hari.

Saat ini sudah banyak mobil bekas yang ditawarkan baik melalui platform digital maupun showroom. Disarankan untuk membawa mobil bekas didampingi oleh tenaga profesional untuk mendapatkan pengalaman berkendara terbaik.

Berikut langkah-langkah membeli mobil bekas seperti yang dibagikan Auto2000: 1. Minta pertemuan tatap muka

Pasar mobil bekas rawan penipuan, terutama bagi mereka yang menjualnya di platform jual beli online. Pastikan penjual bersedia bertemu langsung untuk bertransaksi dan bertemu di tempat dan waktu yang aman. Apapun alasannya, saya tidak ingin membayar deposit tanpa persetujuan langsung.

2. Periksa surat-surat kendaraan

Pastikan surat resmi kendaraan STNK dan BPKB lengkap dan asli. Periksa nomor rangka dan nomor mesin pada kedua file dan pastikan sama pada kendaraan.

3. Periksa riwayat servis mobil

Calon pembeli sebaiknya menanyakan riwayat perawatan mobil secara detail agar tidak menyesal di kemudian hari. Mobil yang rutin diservis di bengkel resmi bisa dengan mudah mengecek riwayat servisnya karena data servisnya lengkap.

4. Pemeriksaan fisik mobil

Selalu ada kemungkinan terjadinya masalah fisik pada mobil untuk penggunaan sehari-hari. Perhatikan perbedaan warna antar panel atau susunan antar panel yang berantakan. Jika terlalu bersih dan rapi atau menggunakan produk non-asli, ada risiko perbaikan tidak disengaja.

Di sekitar rangka mobil terdapat bekas pengelasan yang dilakukan pada proses pembuatan mobil. Jika titik-titik pengelasan tersebut hilang berarti telah dilakukan perbaikan besar-besaran. Periksa bagian kolong kendaraan yang rawan banjir, termasuk yang terlihat adanya goresan.

5. Perlu tes

Test drive memberikan kesempatan untuk melihat langsung kondisi kendaraan dan potensi perbaikan yang diperlukan. Kendaraan yang mengalami kecelakaan pada umumnya tidak stabil, meskipun rangka mobil terbentur, tidak dapat melaju.

6. Reservasi untuk Inspektur THS

THS Inspector merupakan bagian dari THS – Auto2000 Home Service yang menyediakan pemeriksaan atau pemeriksaan kendaraan bekas oleh teknisi bersertifikat Toyota Auto2000.

Ada sekitar 177 pemeriksaan pada eksterior, interior, mesin dan girboks, serta pengecekan keakuratan dokumen kunci mobil. Semuanya selesai dalam waktu kurang dari 120 menit setelah mobil bekas diperiksa oleh teknisi.

Biaya pemeriksaan THS sangat kompetitif dengan layanan lain yang disediakan pihak ketiga, mulai dari Rp 246.000. Harganya tergantung jenis kendaraan yang diperiksa.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours