Kualifikasi MotoGP Emilia-Romagna 2024, Francesco Bagnaia Pole Position

Estimated read time 2 min read

EMILIA-ROMAGNA – Sesi kualifikasi MotoGP Emilia-Romagna 2024 berakhir selama 30 menit di sirkuit Misano, Sabtu (21/9/2024) sore WIB. Alhasil, pebalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia merebut posisi terdepan.

Bagnaia menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi usai mencatatkan waktu 1 menit 30,031 detik dan rekor baru di sirkuit Misano. Ia mengungguli Jorge Martin dengan selisih 0,214 detik dan Enea Bastianini dengan selisih 0,533 detik di peringkat ketiga.

Sedangkan Marc Marquez mengalami kecelakaan pada sesi kualifikasi ini. Oleh karena itu, ia harus puas start dari posisi ketujuh.

Pada Sesi Kualifikasi 1 (Q1), pertarungan sengit terjadi antara 11 pembalap yang berjejer di sirkuit Misano. Sepertinya hanya Alex Rins yang terlibat karena sedang sakit.

Saham-saham berpindah posisi di posisi teratas karena sama-sama bertekad mengejar dua tiket ke Kualifikasi 2 (Q2). Miguel Oliveira, Brad Binder, Augusto Fernandez, Raul Fernandez dan Joan Mir bersaing ketat.

Pada akhirnya Binder dan Oliveira-lah yang berhasil mengamankan tiket ke Q2. Bintang KTM Red Bull itu mencatatkan waktu terbaiknya dengan 1 menit 31,070 detik, unggul 0,076 detik dari Oliveira.

Di awal sesi Q2, persaingan tidak begitu kuat. Francesco Bagnaia memimpin rekor dengan waktu terbaik sejak menit pertama.

Namun setelah itu Jorge Martin menggantikannya dengan mencatatkan waktu 1 menit 30,245 detik. Bagnaia masih tertinggal di belakangnya dengan selisih 0,344 detik, disusul Pedro Acosta dan Marc Marquez yang masing-masing tertinggal 0,4 dan 0,6 detik.

Marquez kemudian berusaha mengalahkan waktu Martin. Namun sayang, ia terjatuh di tikungan zona Wilayah 2 sehingga putarannya dibatalkan.

Empat posisi pertama tetap tidak berubah dengan sisa dua menit. Setelah itu, Pecco -julukan Bagnaia- menambah catatan waktunya menjadi hanya tertinggal 0,097 detik dari Martin sehingga naik ke posisi kedua di depan Acosta.

Akhirnya di detik-detik akhir, Pecco berhasil merebut pole position. Pebalap Ducati Lenovo itu mencatatkan waktu 1 menit 30,031 detik, lebih cepat 0,214 detik dari Martin yang finis kedua.

Sementara Bastianini dan Binder unggul atas Acosta di peringkat ketiga dan keempat. Sementara Marquez merosot ke posisi ketujuh di belakang Marco Bezzecchi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours