DKI ikut meriahkan Kirab Bendera Pusaka dan Naskah Teks Proklamasi

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Pemerintah Provinsi (Pembro) DKI Jakarta turut serta dalam animasi prosesi festival bendera adat merah putih dan teks proklamasi dengan menyediakan enam panggung hiburan di sekitar tempat tersebut.

“Ini sebagai dukungan kami terhadap persiapan dan pelaksanaan HUT RI yang dilaksanakan di IKN,” kata Sekretaris Daerah (Sekta) DKI Jakarta Joko Agus Setiono di Jakarta, Sabtu.

TKI Pemprov, Agus mengatakan, pihaknya telah menyiapkan enam panggung hiburan di berbagai lokasi untuk memeriahkan prosesi karnaval dari Monas hingga Bandara Halim Pertanakusuma yang selanjutnya akan terbang menuju ibu kota nusantara (IKN).

Menurut dia, saat festival DKI Diperkirakan 34.000 warga Jakarta memenuhi pinggir jalan di beberapa titik sepanjang jalan yang dilalui rombongan karnaval.

Enam putaran hiburan digelar di berbagai lokasi dan 34.000 orang mendukung prosesi tersebut, ujarnya.

Selain itu, Pemprov DKI juga mengerahkan 645 personel Divisi Polisi Pamong Praja (Satpol) PP DKI untuk pengamanan selama prosesi festival.

“Untuk keamanan seluruh personel keamanan dilibatkan karena koordinasinya bukan dengan Pemprov DKI, tapi kami melibatkan Satpol PP untuk memastikan kegiatan festival,” ujarnya.

Dalam festival tersebut, masyarakat hadir mendukung rombongan karnaval yang membawa dua benda bersejarah bangsa Indonesia, mengibarkan bendera merah putih dan menyanyikan lagu-lagu nasional. Puluhan warga berdiri di pinggir jalan saat parade bendera adat dan pidato deklarasi di Jakarta, Sabtu (10/8/2024). ANTARA/Khaerul Izan Hampir seluruh masyarakat mengenakan kemeja merah dan celana putih senada dengan warna bendera Indonesia.

Bahkan, ada pula masyarakat yang mengenakan pakaian adat dari daerah-daerah di Indonesia.

Prosesi karnaval dimulai dari Monas Kevan yang dipimpin langsung oleh Penjabat (PJ) Gubernur TKI Jakarta, Kepala Sekretariat Presiden (Gazettepress) Heru Budi Hardono.

Tim Purna Baskipraga 2023 diberikan salinan bendera adat dan prosesi penyerahan teks deklarasi untuk berbaris menuju Bandara Halim Pertanakusuma.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours