Tesla Model 3 Terbakar saat Isi Ulang Baterai, Api Sulit Dipadamkan

Estimated read time 1 min read

KAIRO – Sebuah Tesla Model 3 dilaporkan terbakar saat mengisi daya di sebuah supermarket di Yunani.

Seperti biasa, ketika mobil listrik terbakar, banyak “pakar” online yang langsung mengambil kesimpulan. Kali ini kebakaran bukan disebabkan oleh baterai EV.

Insiden itu terjadi pada 22 September di Agia Paraskevi di luar Athena. Sebuah Tesla Model 3 Highlander sedang mengisi daya di stasiun pengisian sebelum kebakaran terjadi.

Seperti dilansir Daily Mail, hanya satu gambar adegan tersebut yang ditemukan dan diunggah oleh dionysis_bdroid di Platform X. Terlihat bagian belakang mobil listrik tersebut terbakar habis.

Pecahan kaca dan ban bocor menunjukkan betapa panasnya panas akibat kebakaran tersebut. Semuanya termasuk stasiun pengisian daya rusak.

Karena baterai EV tidak terbakar, pemadam kebakaran setempat tidak menghadapi masalah apa pun dan memadamkan api sepenuhnya. Namun penyebab kejadian ini masih belum diketahui.

Beberapa orang percaya bahwa kabel pengisi daya atau adaptor mungkin rusak sehingga menyebabkan kebakaran.

Hasil penelitian beberapa peneliti menunjukkan bahwa menyalakan api lebih sulit dibandingkan mobil listrik, namun jika demikian maka akan membutuhkan waktu untuk memadamkannya.

Sebagian besar petugas pemadam kebakaran dilatih untuk memadamkan kebakaran kendaraan listrik, namun tantangan terbesarnya adalah kebakaran baterai. Jika aki mobil terbakar berulang kali, proses pemadamannya menjadi lebih sulit.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours