DPRD Bali bertemu Presiden Zanzibar bahas soal pariwisata

Estimated read time 2 min read

Denpasar (ANTARA) – Plt Ketua DPRD Provinsi Bali, Dewa Made Mahayadnya bertemu dengan Presiden Zanzibar Hussein Ali Mwini untuk membahas pariwisata, ketenagakerjaan, dan pendidikan.

Pariwisata Bali berbasis budaya dan didukung oleh sejumlah peraturan, termasuk Peraturan Daerah Nomor 2019 tentang Desa Adat, kata Deva Mahayadnya dalam keterangan tertulisnya di Denpasar, Rabu.

Pria yang akrab disapa Dewa Jack ini memaparkan secara rinci bagaimana cikal bakal pariwisata Bali dengan perkembangan dan perkembangannya saat bertemu dengan Presiden Zanzibar di Kabupaten Badung, Bali, Selasa (3/9). Pariwisata Bali terkenal hingga ke mancanegara.

Permasalahan pengelolaan sampah, lingkungan dan budaya di Bali juga dibahas dalam pertemuan tersebut.

Deva Jack juga mencatat pengalamannya yang luas bekerja di dunia pariwisata, selain sebagai wirausaha ia juga memiliki pengalaman luas sebagai pekerja kapal pesiar.

Penjelasannya diberikan tanpa penerjemah karena penguasaan bahasa Inggrisnya yang sangat baik.

Selain itu, Presiden Zanzibar Hussein Ali Mwini berharap pihaknya dapat mengembangkan pariwisata di negaranya dan bekerja sama dengan Bali untuk mencapai kemajuan yang sama dengan pengembangan pariwisata di Bali.

“Sebagai wujud kerja sama ini, Presiden Zanzibar akan memberi nama jalan Pulau Bali di Zanzibar sebagai wujud terima kasih kepada Bali,” ujarnya.

Hussain juga berharap ada jalan yang diberi nama Zanzibar di provinsi Bali, karena banyak warga Bali yang merupakan pendatang yang bekerja di Zanzibar.

Presiden Zanzibar juga ingin mengembangkan pariwisata di negaranya, karena Bali sudah sukses berkembang.

Selain pengembangan pariwisata, ia ingin mencontoh pengelolaan lingkungan hidup, pengelolaan sampah di masyarakatnya hingga menjadi destinasi wisata dunia seperti Bali.

Hussain berharap dapat tercipta kolaborasi yang dapat meningkatkan pengetahuan kedua belah pihak mengenai praktik terbaik pengelolaan pariwisata berkelanjutan kelas dunia.

Yang tidak kalah pentingnya, dapat memberikan manfaat yang besar dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan meningkatkan pendapatan negara dari pariwisata.

Sebelum bertemu dengan Presiden Zanzibar Dewa Jack, Sekretaris DPRD Bali I Gede didampingi Indra Dewa Putra melakukan pertemuan dengan peserta Sekretariat DPRD Provinsi Bali.

Dalam rapat tersebut dibahas beberapa jadwal terkait rencana kegiatan sesuai pembentukan perangkat dewan di DPRD Bali. Diantaranya rencana pembentukan panitia dan pimpinan panitia, fraksi dan peraturan di Bapemperda, DPRD Bali, dan lain-lain.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours