Kompetisi kian sengit, jumlah slam-dunk di IBL 2024 meningkat tajam

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (Antara) – Jumlah slam-dunk di regular season meningkat signifikan seiring persaingan antar tim di kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) 2024 yang semakin ketat tahun ini.

Aksi slam-dunk yang seringkali dihebohkan penonton, mengalami peningkatan yang luar biasa, lebih dari dua kali lipat dibandingkan musim lalu, menunjukkan betapa sengitnya persaingan di liga tahun ini.

Selama musim 2022, tercatat 167 slam-dunk sepanjang musim. Namun jumlah tersebut meningkat menjadi 284 kali pada musim 2023, sedangkan musim 2024 mencetak rekor baru dengan total 655 slam-dunk, menunjukkan peningkatan intensitas dan frekuensi aksi tersebut.

Angka impresif tersebut tidak hanya mencerminkan kemampuan individu para pemainnya, tetapi juga meningkatkan kualitas persaingan di Liga Bola Basket Indonesia.

Bukan hanya para pemain besar yang biasa menempati posisi keempat (power forward) atau kelima (center), melainkan andalan untuk mencetak slam-dunk. Kini para bodyguard juga menunjukkan kepiawaiannya dalam melakukan aksi. Keberanian slam dunk saat diberi kesempatan tak jarang menyulut gairah penonton yang menonton langsung di arena.

Musim 2024 juga disebut-sebut menjadi salah satu musim terkuat dalam tiga tahun terakhir dari segi jumlah pemain. Mengutip dari laman resmi IBL, kompetisi IBL 2024 menampilkan 176 pemain lokal, 73 pemain asing, empat pemain naturalisasi, dan satu pemain keturunan atau keturunan Indonesia. Kualitas pemain asing tahun ini dinilai lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sehingga menyebabkan peningkatan jumlah slam dunk di liga.

Pemain lokal pun tak kalah kompetitifnya dalam hal slam-dunk. Praveera Harum adalah salah satu Pandu Viguna yang terkenal dari Bandung. Tak hanya sering melakukan slam-dunk di pertandingan, Pandu juga berhasil menjuarai kompetisi slam-dunk di IBL All-Star 2024 dengan mengalahkan kompetitor luar negeri.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours