FKG UI Edukasi Warga Cikeas Bogor Terkait Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Departemen Radiologi Gigi (RKG), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan edukasi kesehatan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut anak. Peringatan ini diberikan pada Sabtu, 21 September 2024 kepada masyarakat yang tinggal di Desa Cikeas Udik, Kecamatan Gunung Putri, Provinsi Bogor.

Syafik Habsyi, Ketua Panitia Pengabdian Masyarakat (Pengmas), Departemen Radiologi Gigi (RKG), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Universitas Indonesia (UI), mengatakan, anak usia 5 hingga 12 tahun sedang tumbuh gigi permanen. Pada usia ini, risiko terjadinya masalah gigi seperti kerusakan gigi, oklusi, dan infeksi gigi cukup tinggi.

“Pemeriksaan rontgen gigi dapat mendeteksi secara dini permasalahan tersebut sehingga dapat dilakukan intervensi dini,” ujarnya, Selasa (24/9/2024) di Aula MTZ Al-Athosiyah, Desa Cikeas Udik, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. .

Syafik mengatakan, pemahaman masyarakat Desa Cikeas Udik tentang pentingnya pemeriksaan rontgen dalam kedokteran gigi masih terbatas. Untuk itu pendidikan kesehatan perlu ditingkatkan, termasuk informasi manfaat dan keamanan pemeriksaan radiografi dalam kedokteran gigi.

“Mendidik orang tua sejak dini untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anak sangat penting agar terhindar dari masalah penyakit mulut di kemudian hari,” ujarnya.

Bramma Kiswanjaya, Kepala Departemen Radiologi Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (UI), mengatakan banyak orang tua yang belum memahami manfaat pemeriksaan radiografi dalam kedokteran gigi dan mungkin khawatir dengan efek radiasi.

“Melalui kegiatan ini kami ingin menarik perhatian orang tua dan anak-anak yang tinggal di Desa Cikeas Udik Kecamatan Gunung Putri akan pentingnya pemeriksaan rontgen gigi pada anak usia 5-12 tahun. “Mengurangi ketakutan dan stigma terhadap sinar-X dicapai dengan memberikan informasi tentang keamanan prosedurnya,” ujarnya.

Bramma berharap dengan adanya hubungan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan menjadikan mereka lebih aktif mencari layanan kesehatan gigi, baik di dalam maupun di luar desa.

Pengabdian masyarakat yang dipimpin oleh Ustazah Syif Al-Habsyi ini diikuti oleh 100 orang tua dan anak-anaknya. Saran tersebut disimak oleh para orang tua dan diuji pengetahuannya tentang kesehatan gigi dalam bentuk kuesioner sambil memeriksa gigi anaknya. Selain itu, informasi hasil pemeriksaan akan diteruskan ke Puskesmas Gunung Putri yang menjadi wilayah kerjanya.

“Kami berharap setelah kegiatan ini para orang tua mempunyai kesadaran dan motivasi baru untuk menjaga kesehatan gigi anak dan tidak takut untuk melakukan pemeriksaan radiologi gigi dan mulut,” ujarnya.

Kegiatan kemaslahatan umum ini diselenggarakan oleh RKG FKG UI Profesor Hanna Bachtiar, Ketua Prodi RKG FKG UI Menik Priaminiarti, Ketua Radiologi Gigi Universitas Indonesia (RKG) Bramma Kiswanjaya dan Guru RKG UI Syurri Innaddinna Syaraini, Aloysius Putut Didukung oleh Wijanarko, Fahr Saraswati, Inkahr Saraswati. Ramadhan , termasuk para lulusan RKG FKG UI dan seluruh warga RKG FKG UI.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours