Motor Balap Honda CBR1000RR-R Fireblade Resmi Mengaspal di Indonesia, Ini Kisaran Harganya

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Motor balap Honda CBR1000RR-R Fireblade resmi meluncur di kalangan pecinta otomotif di Indonesia. Mesin inilah yang menjadi dasar mesin yang digunakan pada balapan World Superbike dengan DNA MotoGP.

Menurut Direktur Pemasaran AHM Octavianus Dwee, peluncuran Fireblade terbaru CBR1000RR-R merupakan komitmen Honda dalam menghadirkan produk berkualitas tinggi. Sepeda ini sengaja didesain untuk sepeda super sport dengan nuansa balap kelas dunia.

“Kami yakin perubahan terbaru ini dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih menarik dan menantang baik di jalan raya maupun di jalan raya,” kata Okta dalam keterangan resmi.

Meski banyak ubahan, model terbaru CBR1000RR-R Fireblade tetap mempertahankan filosofi Total Control yang sudah menjadi ciri khasnya. Kekuatan ini dikombinasikan dengan perubahan desain dan teknik untuk meningkatkan kinerja.

Semua fitur dari CBR1000RR-R Fireblade baru mencerminkan teknologi mesin dan sasis yang diturunkan dari balap, menjadikannya motor MotoGP yang legal di jalanan. Fitur-fitur canggih seperti Throttle by Wire, pemilihan mode berkendara, sistem pengereman, dan teknologi suspensi merupakan hasil pengalaman di lintasan.

Salah satu highlight utama dari CBR1000RR-R Fireblade 2024 adalah peningkatan aerodinamisnya melalui sayap baru yang dirancang untuk menghasilkan tenaga lebih besar. Hal ini meningkatkan stabilitas pengereman dan memberikan stabilitas yang konsisten terutama saat mengambil tikungan cepat.

Selain itu, desain fairing bawah yang baru dapat mengurangi aliran udara di sekitar ban belakang saat ini, sehingga berdampak positif pada peningkatan handling sepeda motor. Desain ini memberikan stabilitas yang lebih baik pada kecepatan tinggi dan mengurangi hambatan angin baik saat akselerasi maupun menikung.

Tangki bahan bakar juga telah didesain ulang agar lebih ergonomis, memberikan dukungan lutut yang lebih baik kepada pengendara dan peningkatan kapasitas bahan bakar.

Sedangkan untuk sektor mesin, kompresi mesin ditingkatkan dari sebelumnya 13,4:1 menjadi 13,6:1 sehingga memberikan performa yang lebih baik. Mesinnya menggunakan mesin 4 silinder DOHC 999,9 cc yang menghasilkan tenaga maksimal 160 kW pada 14.000 rpm dan torsi maksimal 113 Nm pada 12.000 rpm.

Dari segi pengereman, motor super sport ini dibekali kaliper rem depan Nissin. Sistem pengereman anti-lock (ABS) internal menawarkan tiga mode baru, Sport, Road dan Standard, cocok untuk digunakan di sirkuit dan jalan raya.

AHM menghadirkan model terbaru CBR1000RR-R Fireblade STD dalam pilihan warna ikonik Honda Tricolor, dijual on the road (OTR) di Jakarta dengan harga Rp 798 jutaan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours