Virus West Nile yang Mewabah di Israel Belum Ada Obat dan Vaksinnya

Estimated read time 1 min read

JAKARTA – Wabah virus West Nile menghantui warga Israel. Setidaknya 100 orang telah terinfeksi sejauh ini.

Meskipun biasanya mudah diobati, infeksi virus West Nile dapat menyebabkan penyakit serius dan bahkan kematian dalam beberapa kasus. Ada kelompok tertentu yang berisiko tinggi tertular penyakit jika tertular virus West Nile. Diantaranya adalah pasien dengan penyakit kronis yang menekan sistem kekebalan tubuh, pasien kanker dengan sistem kekebalan tubuh lemah, bayi, dan orang lanjut usia.

“Virus West Nile dapat menimbulkan konsekuensi serius jika pasien mengalami gejala yang mencakup tanda-tanda neurologis seperti meningitis, ensefalitis akut, atau kelumpuhan akut,” lapor Jerusalem Post, Selasa (7/2/2024).

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa masih belum ada vaksin untuk manusia terhadap virus West Nile.

“Belum ada vaksin untuk manusia yang dapat melawan virus ini. Saat ini, vaksin tersebut hanya ditujukan untuk melindungi kuda,” jelas laporan tersebut.

Lalu bagaimana cara mengobati infeksi virus West Nile?

Dikatakan bahwa tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit ini.

“Saat ini, upaya sedang dilakukan untuk menyuntikkan antibodi yang disebut IVIG dan obat interferon ke dalam pembuluh darah, yang dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan untuk menghilangkan penyebaran virus di dalam tubuh,” kata laporan tersebut.

Selama perawatan, pasien juga akan menerima cairan, antibiotik untuk mencegah infeksi sekunder dan, jika perlu, dipasangi ventilator.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours