Mencekam! OPM Teror Distrik Bibida, Masyarakat Paniai Ngungsi ke Gereja Madi

Estimated read time 1 min read

PANIAI – Organisasi Papua Merdeka (OPM) terus melakukan teror terhadap distrik Bibida di Kabupaten Paniai setelah Pasukan Keamanan Gabungan (Apkam) berhasil merebut kembali wilayah tersebut.

Diketahui, OPM menguasai distrik Bibida pada 14 Juni 2024, ketika Apkam melakukan operasi susulan pada Selasa 11 Juni 2024 terhadap kelompok OPM pimpinan Undius Kogoya yang menembak warga distrik Paniai Timur.

Komandan Satgas Media Habema Koops Letkol Arh Yogi Nugroho mengatakan anggota OPM terus melanggar keamanan Distrik Bibida setelah merebut kembali wilayah tersebut.

Akibatnya, kata Yogi, masyarakat di kawasan itu harus mengungsi dari kawasan Bibida menuju Gereja Madi di Kabupaten Paniai menggunakan truk.

“OPM tidak segan-segan mengganggu keamanan dan situasi yang menguntungkan di wilayah Bibida. Berdasarkan pantauan Apkam, kita melihat OPM kembali berupaya melecehkan masyarakat, ujarnya kepada wartawan, Selasa (18/6/2024).

Berdasarkan pantauan Apkam, oknum OPM yang berupaya menyerbu wilayah Bibida menempatkan diri di dalam dan sekitar hutan Bibida, lanjutnya.

Permintaan evakuasi tersebut sebenarnya diminta langsung oleh masyarakat distrik Bibida yang merasa terancam dengan kehadiran OPM. Warga Bibida mengungsi sementara di Gereja Madi, di Kabupaten Paniai.

“Hal ini membatalkan pernyataan akun media sosial Facebook Haren M. Swall bahwa masyarakat mengungsi ke Hutan Bibida. “Kalau ada warga yang pindah ke hutan Bibida, pastinya pendukung atau anggota OPM,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours