Rizki Juniansyah Rebut Emas Angkat Besi Olimpiade Paris 2024

Estimated read time 1 min read

PARIS – Rizki Juniansya mengukuhkan diri sebagai lifter terkuat kelas 73 kilogram Olimpiade Paris 2024 dengan mengalahkan Shi Xiong dari China, atlet kelahiran Banten 21 tahun lalu.

Rizky Juniansya tampil WIB di South Paris Arena, Paris, Kamis (8/8/2024) dini hari atau Jumat (9/8/2024) waktu setempat dan secara mengejutkan gagal pada percobaan pertamanya di angkatan 155kg. Rizki berhasil pada percobaan kedua dengan beban yang sama yakni 155 kg, namun kembali gagal pada percobaan ketiga dengan beban 162 kg.

Sedangkan atlet Tiongkok Shi Xiong menjadi juara pada percobaan pertama (161kg) dan kedua (165kg). Musuh bebuyutan Rizky Junyansya ini baru gagal pada percobaan ketiganya, yakni angkatan merebut 168 kg, bahkan ia mampu memecahkan rekor tersebut jika berhasil mengangkat beban.

Namun pada clean and jerk, Shi Xiang gagal pada percobaan pertama, kedua, dan ketiga dengan beban 191 kg. Shi Xiong gagal melakukan satu pukulan pun dan tentu saja tidak mengamankan medali.

Sedangkan Rizky Juniansya berhasil mengangkat beban 191 kg pada percobaan pertama. Rizki Juniansya mempersembahkan medali emas kepada Indonesia. Ini merupakan medali emas kedua Indonesia setelah pendakian yang disumbangkan Vedrik Leonardo.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours