Skincare kandungan tertentu bisa sebabkan kelainan bawaan pada janin

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Subspesialis Fertilitas Endokrinologi Reproduksi Universitas Indonesia, Dr Mila Maidarti Sp.OG Subs F.E.R Phd mengatakan produk perawatan kulit dengan bahan tertentu dapat menyebabkan kelainan bawaan pada janin selama kehamilan.

Produk perawatan kulit dengan komponen tertentu tidak diperbolehkan, karena dapat menyebabkan cacat lahir dan bukan penyebab, kata Mila saat temu media di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan penggunaan perawatan kulit dengan bahan tertentu tidak mempengaruhi kesuburan wanita. Namun produk perawatan kulit yang mengandung bahan tidak aman justru berisiko menimbulkan cacat lahir pada janin. Baca juga: Bahan Perawatan Kulit yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil. Kelainan pada janin dapat terjadi karena mutasi genetik tertentu yang dapat menyebabkan cacat lahir dan kelainan lainnya. Kelainan pada janin juga bisa disebabkan oleh ibu selama hamil yang kurang mengonsumsi asam folat sehingga membuat janin berisiko mengalami spina bifida (gangguan tulang belakang).

Mila mengatakan pasien dapat berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengetahui produk perawatan kulit apa saja yang dapat digunakan selama kehamilan untuk menghindari risiko terhadap janin.

“Jika seorang pasien menggunakan perawatan kulit dokter yang bahannya tidak diketahui, maka saat hamil sebaiknya ia kembali ke dokter kulit dan menanyakan apakah obat tersebut aman atau tidak, karena banyak dokter yang mengatakan produk perawatan kulit tertentu sebaiknya dihentikan saat hamil,” dia menjelaskan. Baca juga: Mulai dari Retinol hingga BHA, Bahan Serum yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil Dijelaskan, secara umum penggunaan produk perawatan kulit tertentu tidak berpengaruh dalam menjalankan program kehamilan.

Namun, sebaiknya selalu mencari produk kulit yang terbukti aman selama kehamilan.

“Perawatan kulit tidak menyebabkan kemandulan, apalagi jika sedang hamil, sebaiknya carilah perawatan kulit yang aman,” ujarnya.

Mila menyarankan untuk memperhatikan produk perawatan yang digunakan selama hamil, terutama makanan lengkap selama hamil, seperti suplemen asam folat untuk kesehatan pertumbuhan janin. Baca juga: Para ahli berbagi tips memilih perawatan kulit yang aman digunakan. Baca juga: Panduan memilih produk yang tepat berdasarkan kondisi kulit Anda.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours