Gempa M5,0 Kabupaten Bandung Merusak, BPBD Cek Lokasi Terdampak

Estimated read time 2 min read

BANDUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mengerahkan personel untuk melakukan inspeksi kerusakan akibat gempa yang mengguncang Kabupaten Bandung.

Kecamatan Kertasari dan Pangalengan menjadi dua wilayah yang paling terdampak gempa berkekuatan 5,0 SR tersebut.

“Saat ini kami telah mengerahkan personel untuk mengecek kondisi bangunan di dua kecamatan, yakni Kecamatan Panganlengan dan Kertasari,” kata Beny Sonjaya, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung, Rabu (18/9/2021). 2024). .

Beny menjelaskan, pihaknya saat ini sedang membawa perbekalan seperti logistik dan sembako kepada warga terdampak. “Kami menyiapkan tenda, sembako, dan peralatan darurat lainnya untuk diberikan kepada warga yang membutuhkan,” jelasnya.

Tak hanya itu, dia mengaku akan terus memantau situasi dan mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mudah percaya pada pemberitaan tidak resmi mengenai gempa tersebut.

“Fokus kami saat ini adalah memastikan keselamatan warga dan memetakan tingkat kerusakan akibat gempa,” ujarnya.

Ketua Prevent Alert Unit (UCS) Kecamatan Kertasari Deden Saputra mengatakan, gempa tersebut dirasakan sangat kuat. Saat gempa terjadi, Dedan dan beberapa warga sedang berada di kantor kecamatan.

Gempa tersebut terasa sangat kuat. Saat itu warga sedang bekerja di kamar mandi dan semua langsung lari keluar, ujarnya melalui telepon.

Di Kecamatan Kertasari, beberapa bangunan termasuk kantor kecamatan dan kantor KUA rusak, pagar dan benteng rusak 80 persen.

“Gerobak pedagang juga banyak yang rusak. Saat ini warga dan kendaraan masih berada di lokasi untuk menghindari kemungkinan terjadinya gempa susulan dan belum dilakukan penilaian kerusakan karena guncangan masih berlangsung,” ujarnya.

Di Kecamatan Pangalengan, Kapolsek AKP Edi Pramana membenarkan, gempa tersebut terutama dirasakan saat dirinya bersama warga Masjid Raya Pangalengan dalam rangka Maulid Nabi.

“Gempanya terasa sangat kuat, namun kami belum mendapat informasi detail mengenai kerusakan dan korban jiwa,” ujarnya. Gempa berkekuatan serupa dilaporkan terjadi bersamaan di Kabupaten Garut.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours