Profil Kylian Mbappe, dari awal karier hingga ke puncak panggung sepak bola

Estimated read time 3 min read

Jakarta (ANTARA) – Kylian Mbappe merupakan salah satu pemain sepak bola terbaik dunia saat ini; Ia menarik perhatian dunia dengan kecepatan, keterampilan, dan ketajaman mencetak golnya.

Lahir di Bondy, pinggiran kota Paris, Prancis, pada tanggal 20 Desember 1998, Kylian Mbappe memulai karir sepak bolanya di usia yang sangat muda dan dengan cepat naik ke puncak dunia olahraga.

Mbappe menunjukkan kepiawaiannya di atas lapangan dengan membawa timnas Prancis menjuarai Piala Dunia 2018. Berkat bakatnya yang luar biasa, ia menjadi salah satu pemain paling dicari di dunia dan dengan nilai transfer tertinggi.

Ingin tahu lebih jauh tentang profil dan awal karir pesepakbola asal Prancis ini? Simak ulasan rangkumannya berikut ini dari berbagai sumber resmi.

Profil profesional dan karier Kylian Mbappe

Kylian Mbappe Lottin adalah pesepakbola profesional Perancis yang saat ini bermain sebagai penyerang untuk klub La Liga Spanyol Real Madrid dan menjadi kapten tim nasional Perancis.

Pemain profesional berusia 25 tahun ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia dengan keunggulan dribbling, kecepatan, dan peluang penyelesaiannya di depan gawang lawan.

Lahir di Paris dan dibesarkan di Bondy, Kylian Mbappe bergabung dengan tim yunior AS Bondy pada usia enam tahun. Ibunya, Fayza Lamari, adalah seorang warga Aljazair, dan ayahnya adalah seorang imigran Kamerun yang menetap di Prancis dan merupakan pelatih serta manajer klub AS Bondy.

Pada tahun 2013, pada usia 14 tahun, Kylian Mbappe menandatangani kontrak dengan AS Monaco, sebuah klub di Ligue 1 (liga top Prancis), dan bermain untuk tim yunior dan tim U-19.

Mbappé memulai karir profesionalnya bersama AS Monaco pada tahun 2015, saat usianya baru 16 tahun. Dia membantu Monaco memenangkan Ligue 1 pada musim 2016/2017, menjadi pemain termuda yang mencetak gol di turnamen tersebut.

Musim itu, Mbappe mencetak 15 gol, berada di peringkat kelima Ligue 1, dan membantu AS Monaco meraih gelar juara. Setelah mengalahkan Manchester City dan Borussia Dortmund, ia memimpin timnya ke semifinal Liga Champions UEFA, kemudian kalah dari Juventus.

Prestasi impresifnya menarik perhatian Paris Saint-Germain (PSG), yang menambahkannya ke skuad mereka pada tahun 2017. Saat itu, PSG juga mendatangkan pemain asal Brasil bernama Neymar Jr yang diharapkan bisa berduet kuat di lini depan bersama Mbappé.

Bersama Neymar, Mbappé membantu PSG memenangkan tiga gelar Ligue 1 berturut-turut (2017-2018, 2018-2019, dan 2019-2020). Ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik La Liga musim 2018-2019 setelah mencetak 33 gol, terbanyak di Ligue 1.

Dia dan rekan satu timnya di PSG memimpin liga dalam hal gol selama tiga musim berturut-turut dan kembali memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Liga pada 2020-21. Pada tahun 2021, PSG merekrut Lionel Messi untuk membentuk lini depan bertalenta dan berhasil kembali meraih gelar juara Ligue 1 pada 2021-2022.

Mbappé kemudian menandatangani kontrak baru yang dapat memperpanjang masa tinggalnya di PSG hingga 2025, menjadikannya pemain dengan bayaran tertinggi di dunia pada musim itu.

Pada musim 2022-2023, Mbappe kembali menjadi top skorer Ligue 1 dan meraih penghargaan Pemain Terbaik Ligue 1 seiring PSG menambah gelar juara Ligue 1.

Kemudian, pada musim 2023-2024, PSG kembali menjadi juara Ligue 1 dan Mbappé dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Tahun Ini untuk ketiga kalinya berturut-turut.

Namun, pada Februari 2024, Mbappé memberi tahu PSG bahwa ia tidak akan memperbarui kontraknya dan berencana meninggalkan klub setelah musim 2023-2024.

Kemudian pada Mei 2024, ia mengumumkan di media sosial bahwa ia akan meninggalkan PSG, dan pada Juni 2024, Real Madrid resmi mengumumkan kedatangannya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours