Tiga orang tewas, 95 terluka, 1,2 juta terdampak topan Yagi di China

Estimated read time 2 min read

Beijing (ANTARA) – Tiga orang tewas, 95 orang luka-luka, dan lebih dari 1,2 juta orang terdampar di zona bencana di wilayah selatan China yang dilanda Topan Super Yagi, lapor China Central Television, Sabtu ( 7/9 ).

Topan Yagi merupakan topan ke-11 yang tercatat pada tahun ini. Bencana alam melanda pantai provinsi pulau Hainan di Tiongkok pada pukul 16:20 waktu setempat (08:20 GMT) pada hari Jumat dan provinsi selatan Guangdong pada pukul 22:20 waktu setempat, membawa angin kencang dan hujan lebat yang menimbulkan banyak korban jiwa warga sipil. infrastruktur.

Banyak warga di Tiongkok selatan mengalami pemadaman listrik, gangguan komunikasi, dan banyak bangunan rusak.

Hingga Sabtu pukul 12.00, sekitar 1,227 juta orang terkena dampak topan di Hainan, provinsi Guangdong dan wilayah otonomi Guangxi, kata lembaga penyiaran itu.

Presiden Tiongkok Xi Jinping memerintahkan respons cepat terhadap bencana ini dan pengorganisasian komprehensif kegiatan penyelamatan, bantuan dan evakuasi serta melakukan segala upaya untuk mengurangi jumlah korban, memulihkan transportasi, energi, komunikasi dan infrastruktur rusak lainnya sesegera mungkin, dan memastikan keselamatan. keselamatan jiwa dan harta benda warga negara, tambah televisi itu.

Pada Sabtu pagi, topan menghantam pantai provinsi Quang Ninh dan Hai Phong di Vietnam dengan kecepatan angin 118-145 kilometer per jam, kantor berita negara VNA melaporkan.

Angin merobek atap bangunan, menumbangkan pohon dan tiang lampu, tambah laporan itu, meskipun tidak ada angka kerusakan yang lengkap.

Tidak ada laporan adanya korban jiwa di antara penduduk provinsi yang terkena dampak topan di Vietnam.

Pada hari Jumat, pihak berwenang Hainan mengevakuasi lebih dari 418.000 orang dari daerah yang berpotensi berbahaya ketika topan mendekat, demikian laporan Beijing Daily.

Sumber: Sputnik-OANA

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours