PT PAL Indonesia perkuat alutsista TNI lewat dua kapal perang

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – PT PAL Indonesia menyatakan turut berkontribusi memperkuat alutsista TNI Angkatan Laut (AL) melalui dua kapal perang yang dibangun perusahaan pemerintah, KRI Raden Eddy Martadinata – 331 ( KRI REM-331), dan KRI Banda Aceh -593. CEO PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod di Jakarta, Jumat mengatakan, kedua kapal perang tersebut merupakan kontribusi nyata kelompoknya dalam memperkuat sektor alutsista dan permesinan TNI, mengingat kapal tersebut tidak hanya menambah kekuatan operasional. angkatan laut Indonesia, tetapi juga menunjukkan hal itu. Sektor keamanan dalam negeri mampu menghasilkan produk kelas dunia.

“Kapal ini merupakan simbol sejati komitmen kami dalam menjaga keamanan dan memberikan kontribusi positif bagi perdamaian,” ujarnya.

Dijelaskannya, KRI REM-331 dibangun oleh PT PAL Indonesia yang proses pengerjaannya melibatkan transfer teknologi dari Damen Schelde Naval Shipbuilding, galangan kapal asal Belanda.

Kapal jenis ini didesain dengan teknologi modern dan memiliki kemampuan tempur yang kuat karena dilengkapi dengan banyak persenjataan dan sistem sensor canggih sehingga menjadikannya salah satu kapal perang termodern di Asia Tenggara.

Sedangkan KRI Banda Aceh-593 yang merupakan jenis perang Landing Platform Dock (LPD) merupakan hasil transfer teknologi kemitraan strategis dari Korea.

Kapal perang ini memiliki panjang 122 meter dan lebar 22 meter, dengan ciri khas mampu membawa muatan besar, seperti kemampuan mengangkut pasukan, kapal perang, kendaraan lapis baja dan kendaraan pendukung logistik.

KRI Banda Aceh-593 juga memiliki Landing Vehicle Personnel (LCVP), Landing Service Utility (LCU) yang mampu menampung 5 unit helikopter, serta kecepatan yang mampu mendukung kemampuan manuver lebih baik. Selain itu, desain kapal yang baik dengan sertifikasi dari badan klasifikasi internasional juga menghasilkan kestabilan kecepatan yang aman saat membawa muatan berat saat berlayar.

Dijelaskan dalam akun Instagram Kementerian Pertahanan @kemhanri, KRI Raden Eddy Martadinata-331 (KRI REM-331) dan KRI Banda Aceh-593 berhasil menjalankan tugasnya.

KRI REM-331 berhasil menyelesaikan operasi pada Pelatihan Multilateral RIM Pasifik 2024, di Hawaii, Amerika Serikat pada 27 Juni-1 Agustus 2024. Sementara itu, KRI Banda Aceh-593 berhasil mendukung operasi peringatan 79 tahun Kemerdekaan Indonesia di ibu kota . nusantara, Kalimantan Timur. Baca juga: PT PAL dan Akademi Pertahanan selesaikan pembangunan gedung terapung Baca juga: PT PAL catat penjualan Rp 3,14 triliun pada 2023

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours