KPwBI dan ISEI Palu komitmen bantu kuatkan ekonomi masyarakat 

Estimated read time 2 min read

Palu (ANTARA) – Kantor Perwakilan Bank Sentral Indonesia (KPwBI) Sulawesi dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Palu berkomitmen membantu penguatan perekonomian masyarakat demi jaminan sosial.

“Upaya ini dilakukan dengan mendorong masyarakat untuk meningkatkan pendapatannya dari berbagai sektor sebagai bagian dari upaya menjaga inflasi daerah,” kata Rony Hartawan, Ketua KPwBI Sulteng, pada acara pembukaan Koordinator Sulteng di ISEI Cabang Palu, Kamis .

Dijelaskannya, sebagai mitra pemerintah daerah, BI bertanggung jawab mengembangkan perekonomian daerah melalui berbagai cara.

Sebab, kebijakan BI tidak hanya mencakup sistem moneter, menjaga stabilitas sistem pembayaran, dan menjaga stabilitas nilai rupiah, namun juga berperan dalam membantu mendorong perekonomian yang inklusif dan hijau.

Oleh karena itu, pihaknya berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Kemitraan yang kami bangun dengan ISEI memberdayakan UMKM menuju kemandirian ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Perekonomian Sulteng tumbuh 11,91 persen pada tahun 2023, menurut data BPS. Hal ini tidak lepas dari kontribusi berbagai departemen.

Manufaktur merupakan sektor yang paling menonjol dalam pembangunan ekonomi, diikuti oleh sektor pertambangan dan penggalian. Kemudian pertanian, peternakan, dan perikanan.

“Bisnis yang besar tentu mempunyai masa depan yang besar, sehingga UMKM adalah inti dari kemampuan kita,” kata Rony.

Di sisi lain, pihaknya siap menerbitkan izin UMKM dengan membangun kemitraan dengan lembaga teknis terkait, Pelayanan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPPTSP), termasuk masalah sertifikasi halal. Ia mengatakan, jika produk UMKM mendapat label halal maka akan semakin kuat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours