Makna dan filosofi logo PON Aceh-Sumut 2024

Estimated read time 2 min read

Lokasi

Menurut Cek Midi dalam keterangan tertulisnya, desain logo PON XXI Aceh-Sumut 2024 China memadukan simbol umum dua wilayah, Aceh dan Sumut.

Logo tersebut menggunakan Rencong dan Uros sebagai simbol utamanya. Ren Cong melambangkan keberanian, kekuatan, kepahlawanan dan patriotisme, sedangkan Uros melambangkan persatuan, kasih sayang dan persaudaraan.

Desain logonya juga memuat gambar api dan obor sebagai simbol olahraga, serta arah ke atas yang melambangkan sumber daya dan kekuatan ekonomi. Dua garis kuning mewakili nilai masing-masing wilayah.

Unsur lain dalam simbol tersebut antara lain garis tebal yang melambangkan nilai-nilai sosial, sayap terbang burung yang melambangkan cita-cita luhur, dan kepala burung berparuh panjang yang melambangkan burung Kuneng Cempala dari Aceh dan burung Nias Beo dari utara. Sumatra.

Lima nyala api pada logo tersebut melambangkan lima keberhasilan PON, kata Cek Midi.

Huruf-huruf pada simbol juga mempunyai arti. Warna merah melambangkan semangat dan ketekunan, hijau melambangkan kekuatan alam dan ekonomi, kuning melambangkan pencerahan dan inspirasi, putih melambangkan keterbukaan dan keterbukaan, dan hitam melambangkan keharmonisan dan keteguhan hati.

Cek Midi mengatakan desain logo PON XXI modern, dinamis, unik, simpel, sporty, dan menarik.

Jelang pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024, ia menilai publisitas penting dilakukan agar masyarakat bisa memahami makna logo yang kini tersebar di berbagai media.

Logo PON XXI Aceh-Sumut 2024 merupakan karya Anto Wibowo asal Jakarta yang terpilih dari ratusan desain yang mengikuti kompetisi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours