Panggung seni meriahkan kirab Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi

Estimated read time 1 min read

Jakarta (ANTARA) – Adegan kesenian khas Betawi mulai dari Monumen Nasional (Monastan) hingga Pusat Kepulauan Nusantara (IKN) memeriahkan prosesi pengibaran bendera pusaka merah putih dan teks proklamasi.

Masyarakat dari berbagai wilayah Jakarta tampak antusias mengikuti karnaval tersebut.

Sembari menunggu prosesi, mereka disuguhi pentas kesenian khas Betawi yang digelar di depan Patung Kuda Jalan Medan Merdeka Barat.

Lagu-lagu khas Betawi dinyanyikan untuk menghibur masyarakat yang menunggu prosesi atau arak-arakan menunggu bendera pusaka dan teks proklamasi.

Masyarakat datang pagi-pagi untuk melihat bendera merah putih dan teks deklarasi sebagai rangkaian perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

Duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi tersebut dibawa dari Monumen Nasional (Monas) menuju IKN, Bandara Halim Perdanakusuma pada Sabtu (10/8) dengan menggunakan pesawat Boeing TNI AU.

Berdasarkan ANTARA, di depan patung kuda di Jakarta Pusat, warga terlihat menunggu di pinggir jalan untuk menyaksikan prosesi tersebut.

Warga resah menunggu teks surat keputusan berbendera Merah Putih di Jakarta, Sabtu (8/10/2024). ANTARA/Haerul Izan biasanya mengenakan pakaian dan hiasan berwarna merah putih sebagai simbol bendera merah putih.

Tak hanya itu, petugas juga turut hadir untuk memastikan jalannya bendera merah putih dan teks proklamasi dari Monumen Nasional (Monas) menuju ibu kota Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours