Pembangunan Tugu Adipura di Pulau Pramuka baru capai 20 persen

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Pembangunan Tugu Adipura di Plaza Kabupaten Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka baru rampung 20 persen dan dijadwalkan selesai pada akhir Agustus.

Adipura Memorial menjadi pengingat dan penyemangat untuk tetap mempertahankan penghargaan bergengsi ini, kata Angaga Saputra di Jakarta, Kamis.

Pada tahun 2023, Kabupaten Kepulauan Seribu berhasil meraih penghargaan lingkungan hidup setelah 22 tahun keberadaan Pulau Seribu.

Peringatan Adipura merupakan sebuah kesaksian sejarah dan wujud rasa syukur atas prestasi yang diraih melalui gotong royong dari berbagai aspek masyarakat dari pemerintahan masyarakat.

Piala Adipura merupakan penghargaan lingkungan hidup tertinggi yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, yang memberikan penghargaan kepada daerah atas prestasinya dalam bidang sanitasi dan pengelolaan lingkungan hidup.

Ia menyimpulkan Istana Adipura dibangun di pulau induk, pusat pemerintahan di Seribu.

Apalagi tugu peringatan ini tidak hanya sekedar simbol tetapi juga menjadi semangat warga pulau untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Istana Adipura bisa menjadi ikon wisata baru di Seribu, ujarnya.

Hendry, Wakil Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kepulauan Seribu, mengatakan, 11 personel Blue Army dan tim oranye dari Kecamatan Pulau Panggong terlibat dalam pembangunan Tugu Adipura.

“Pengerjaannya dimulai pada 22 Juli 2024 dan dijadwalkan selesai pada akhir,” ujarnya Agustus.

Dikatakannya, Suku Dinas SDA Seribu telah menyelesaikan peletakan pondasi dengan beton berukuran 2×2 meter. Pada saat yang sama, akan dibangun tugu peringatan berukuran 4×4 meter.

“Saat ini kami menunggu pengembalian material untuk pembangunan monumen ini,” ujarnya. “Agar lancar dan hasilnya memuaskan.”

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours