5 Penyebab Oli Kental, dari Penggunaan yang Melebihi Batas Waktu hingga Adanya Zat Aditif

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Kentalnya oli bisa disebabkan oleh beberapa faktor terkait kondisi mesin, kualitas oli, dan penggunaan kendaraan. Pelumas atau oli merupakan elemen penting dalam sistem kerja mesin.

Oli berperan penting dalam mengurangi gesekan antar komponen mesin. Tujuannya agar komponen mesin tidak cepat rusak dan tahan lama.

Selain itu, oli juga berperan sebagai pendingin mesin dan mengendalikan kotoran. Oleh karena itu, penggantian oli secara rutin merupakan hal wajib bagi pemilik mobil.

Penyebab oli kental 1. Pemakaian oli melebihi batas waktu Salah satu penyebab oli kental adalah jika tidak diganti terlalu lama maka akan rusak. Seiring waktu, oli kehilangan sifat pelumasnya dan mulai mengental karena oksidasi dan penumpukan partikel kotoran.

Oli biasanya memiliki masa pakai tertentu berdasarkan waktu (misalnya setiap 6 bulan) atau jarak tempuh (misalnya setiap 5.000-10.000 km). Jika melebihi batas tersebut maka minyak akan menjadi lebih kental.

2. Terlalu panas Selain itu, oli dapat lebih cepat teroksidasi jika sering terjadi panas berlebih. Temperatur yang sangat tinggi mempercepat penguraian senyawa kimia dalam oli sehingga menyebabkan oli mengental dan kehilangan pelumasannya.

Suhu yang panas juga dapat menyebabkan terbentuknya endapan minyak sehingga membuat minyak menjadi lebih kental.

3. Kontaminasi kotoran: Oli yang terkontaminasi kotoran, serpihan logam mesin, karbon dan debu hasil proses pembakaran akan mengalami perubahan tekstur dan kekentalan. Kotoran ini bercampur dengan minyak dan membuatnya lebih kental.

Hal ini biasanya terjadi jika mesin tidak memiliki filter oli yang bersih atau terdapat masalah pada gasket yang memungkinkan masuknya debu dan kotoran.

4. Oksidasi Oksidasi adalah proses alami ketika minyak bersentuhan dengan udara dan mengalami reaksi kimia. Akibat proses ini, molekul-molekul dalam minyak menjadi lebih besar sehingga membuat minyak menjadi lebih kental.

Oksidasi terjadi lebih cepat pada suhu tinggi atau saat mesin digunakan dalam waktu lama dalam kondisi parah.

5. Bahan Aditif Oli mesin modern biasanya dilengkapi dengan bahan aditif yang meningkatkan kinerja, mencegah keausan dan membersihkan mesin.

Namun jika minyak digunakan terlalu lama atau terkena panas berlebihan, kotoran dapat mengendap dan menyebabkan minyak mengental.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours