Gangguan Sistem TI Global di Bandara, 4 Maskapai Ini Terdampak

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara atas terganggunya sistem teknologi informasi (TI) global di banyak bandara internasional seperti Amerika Serikat, Belanda, Singapura, Malaysia dan lain-lain.

Berdasarkan keterangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Sabtu (20/7/2024), gangguan ini berdampak pada sistem layanan banyak maskapai penerbangan di Indonesia karena saling terhubung dengan penyedia sistem global.

Beberapa maskapai penerbangan di Indonesia yang terdampak gangguan layanan tersebut antara lain Citilink, Scoot Airlines, AirAsia, dan IndiGo.

“Di Indonesia, pemadaman sistem komputer terjadi di beberapa sistem check-in beberapa maskapai penerbangan seperti Citilink, Scoot Airlines, AirAsia dan Indigo,” kata Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dalam pernyataannya, seraya mencatat bahwa sistem tersebut terintegrasi dengan pemasok. .sistem di seluruh dunia terhubung.” pernyataan resmi.

Kementerian Perhubungan menyatakan beberapa langkah telah dilakukan untuk melanjutkan aktivitas yang ada di bandara, yakni menyelesaikan proses check-in manual untuk keberangkatan penumpang dan bagasi. Banyak operator penerbangan seperti PT Angkasa Pura Indonesia dan Airnav Indonesia yang tetap mengoperasikan penerbangan normal dan tidak ada gangguan, tambahnya.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan memantau perkembangan masalah ini dan mengambil langkah-langkah preventif dan mitigasi, termasuk memastikan manajemen penumpang dengan memberikan kompensasi atas keterlambatan (delay management) dan pilihan layanan transportasi yang lebih baik kepada penumpang.

Direktorat Jenderal Perhubungan menugaskan inspektur penerbangan untuk bekerja sama dengan operator penerbangan, operator bandara, dan operator navigasi udara untuk memastikan operasi penerbangan tetap berjalan dengan aman.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours