Graham mundur usai diimbangi Indonesia, Australia cari pelatih baru

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Federasi Sepak Bola Australia sedang mencari pelatih kepala baru untuk tim nasionalnya setelah Graeme Arnold mengundurkan diri menyusul hasil imbang 0-0 dengan Indonesia di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. . di wilayah Asia.

“Kami sekarang fokus mencari kandidat yang tepat untuk membangun fondasi yang diletakkan oleh Graham dan kepemimpinannya yang percaya diri dalam tim,” kata Ketua Eksekutif Federasi Sepak Bola Australia (FAA) James Johnson di situs web komite Australia. Di Jakarta, pada hari Jumat.

James menambahkan, asosiasi sedang mencari pelatih baru secepatnya karena waktu hampir habis menjelang kualifikasi Piala Dunia 2026 Australia.

Dalam waktu dekat, pada 10 dan 15 Oktober, Australia akan menghadapi China dan menjamu Jepang.

Menurut James, kriteria pelatih baru tim Australia adalah harus memiliki visi yang sama dengan pemerintah dan mampu mengintegrasikan dirinya sebagai anggota tim.

“Dengan pertandingan-pertandingan terpenting Piala Dunia 2026, penting bagi kami untuk menemukan pelatih yang tepat untuk memimpin tim kami sekarang dan di masa depan,” ujarnya.

Pelatih terlama Australia, Graham Arnold, mengumumkan kepergiannya setelah timnya bermain imbang babak ketiga penyisihan grup dengan Indonesia di Jakarta. Untuk Piala Dunia 2026 kawasan Asia, 10 September.

Pria berusia 61 tahun itu mengaku keputusannya untuk berhenti usai laga timnya melawan Indonesia sudah dipertimbangkan matang-matang.

“Saya katakan setelah pertandingan Indonesia bahwa saya harus mengambil banyak keputusan. Dan setelah memikirkannya, saya pikir inilah saatnya untuk melakukan perubahan pada diri saya sendiri dan secara nasional,” kata Graham.

Graham Arnold telah memimpin tim nasional Australia sejak tahun 2000. Dalam kurun waktu tersebut, ia menjadi asisten pelatih timnas Australia selama 6 tahun. Kemudian, pada 2006-2007, ia menjadi pelatih sementara tim bernama Socceroos.

Pada 2007-2008, Graham melatih tim U-23 Australia dan kembali ke timnas Australia pada 2008-2010.

Setelah itu, ia pindah ke berbagai klub, dan pada 2018-2021, Graham Arnold kembali ke timnas, kali ini melatih tim Australia U-23. Sementara itu, pada 2018-2024, ia melatih timnas Australia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours