Retno akan hadiri pertemuan Menlu tingkat ASEAN

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan memimpin delegasi Indonesia pada Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN ke-57 (AMM ke-57) dan pertemuan selanjutnya di Vientiane, Laos pada 21-28 Juli.

Retno akan menghadiri 19 pertemuan, termasuk Troika Informal Consultation on the Five Point Consensus (5PC) on Myanmar, serta ASEAN Post Ministerial Conference). . ) Dengan 11 mitra bicara.

Pertemuan tersebut akan dilakukan sebelum pertemuan Komite Perwakilan Luar Negeri pada Senin (22 Juli) dan Pertemuan Pejabat Senior ASEAN pada Selasa (23), kata Sidharto dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (7/7).

Selain pertemuan tersebut, Menlu RI juga akan menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri East Asia Summit (EAS) ke-14, Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN Plus Three (APT) ke-25 antara ASEAN, Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Forum Regional ASEAN (ARF) ke-31.

Pak Sidharto menjelaskan, Retno pada Rapat Pleno AMM akan mendorong kelanjutan agenda prioritas yang dicapai selama kepemimpinan Indonesia di ASEAN tahun lalu.

Sementara itu, pada retret AMM dan Troika, Retno akan menekankan pentingnya melanjutkan penerapan 5PC dan strategi penyaluran bantuan kemanusiaan ke Myanmar yang lebih komprehensif.

Ia mengatakan, sebagai fasilitator hubungan ASEAN-AS, Retno akan memimpin pertemuan PMC ASEAN-AS bersama Menteri Luar Negeri AS.

Indonesia akan menekankan prinsip saling menghormati untuk mendukung arsitektur keamanan global pada pertemuan APT dan EAS, serta menekankan pentingnya menghidupkan kembali ARF setelah tiga dekade berada di forum tersebut.

Selain itu, Menlu RI juga akan menyelenggarakan sejumlah pertemuan bilateral dengan para menteri luar negeri negara anggota ASEAN, negara mitra ASEAN atau negara undangan lainnya di sela-sela rangkaian pertemuan di Vientiane.

Pertemuan selanjutnya diharapkan menghasilkan sejumlah kesepakatan, antara lain adopsi Pernyataan AMM ke-57 dan Pernyataan Empat Ketua AMM dan PMC, Forum Regional ASEAN Plus Three, dan KTT Asia Timur.

Sementara itu, Sidharto juga memastikan Myanmar akan diwakili oleh delegasi non-politik pada AMM ke-75, yaitu pejabat senior Kementerian Luar Negeri.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours