Topan Pulasan picu hujan lebat, Shanghai evakuasi ratusan ribu warga

Estimated read time 1 min read

Shanghai (ANTARA) – Pusat keuangan Tiongkok, Shanghai, mengevakuasi 112.000 orang pada Jumat (20/6) saat Topan Pulasan menimbulkan hujan yang memecahkan rekor di beberapa bagian kota.

Menurut kantor banjir kota, 649 kapal dievakuasi atau dikembalikan ke pelabuhan untuk mencari perlindungan, 54 layanan kereta api dihentikan, dan 26 feri ditangguhkan.

Hujan mulai turun di Shanghai mulai pukul 02:00 (waktu setempat) pada hari Jumat, dengan rata-rata curah hujan di kota tersebut sebesar 73,28 milimeter pada pukul 09:00. Dari 614 stasiun cuaca, 151 di antaranya mencatat curah hujan tinggi atau ekstrem.

Stasiun Meteorologi Yangjiazhai di Distrik Fengxian dan Stasiun Meteorologi Taman Nicheng di Distrik Pudong mencatat curah hujan lebih dari 300 milimeter dalam enam jam, memecahkan rekor sejarah curah hujan di kedua distrik tersebut sejak pengamatan meteorologi dimulai.

Pulasan, topan ke-14 yang melanda Tiongkok tahun ini, menghantam Fengxian, Shanghai pada Kamis (19/9) pukul 21.45, menjadikannya topan kedua yang melanda daratan Tiongkok. Sebelumnya pada hari yang sama, Pulasan melakukan pendaratan pertamanya di provinsi Zhejiang.

Sementara itu, Bebinca yang merupakan topan ke-13 pertama kali mendarat di Shanghai pada Senin (16/9). Topan tersebut diyakini sebagai topan terkuat yang melanda kota metropolitan tersebut dalam 75 tahun terakhir.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours