Fakta Pilkada 2024: 100 Paslon Bertarung di Pilgub, Dharma Pongrekun-Kun Wardana Satu-satunya Calon Independen

Estimated read time 1 min read

JAKARTA – Informasi seputar Pilkada 2024 akan dibahas dalam artikel ini. Pasangan Dharma Pongrekun -Kun Wardana Abyoto menjadi satu-satunya calon Gubernur-Wakil Gubernur dari jalur independen atau perseorangan.

Diketahui, pendaftaran peserta Pilkada 2024 akan berakhir pada Kamis (29/8/2024) pukul 23.59 WIB. Berdasarkan data KPU Indonesia, hanya ada satu pasangan calon (statuet) yang mengikuti jalur perseorangan atau perseorangan pada tingkat pemilihan provinsi atau gubernur.

Presiden KPU Indonesia Mohamed Epipodin dalam jumpa pers, Jumat (30 Agustus 2024), mengatakan, “Tadi malam, calon tunggal gubernur dan wakil gubernur adalah pasangan calon.”

Diketahui, calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur independen terdaftar sebagai Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto. Pasangan ini mendaftar di KPUD Jakarta pada Kamis malam (29 Agustus 2024).

Data KPU juga menunjukkan ada 38 pasangan calon independen yang terdaftar di tingkat kabupaten. Kemudian di tingkat kota ada 12 pasangan calon. Total nominasi perseorangan yang didaftarkan sebanyak 51 pasangan calon, kata Afif, sapaan akrab Muhammad Epifodin.

KPU juga mengungkapkan, terdapat 100 pasangan calon kepala daerah yang didukung partai politik (Parpol) di tingkat kabupaten. Di tingkat kabupaten terdapat 1.095 pasangan calon. Walikota dan wakil walikota memiliki 272 pasangan calon, kata Afif. Total ada 1.467 pasangan calon.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours