Jalin Kerja Sama dengan 162 Kampus, BAZNAS Luncurkan Program BCB Dalam Negeri dan Mahad Aly 2024

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Badan Amal Zakat Nasional Republik Indonesia (BAZNAS) resmi meluncurkan Program Beasiswa Baznas Dalam Negeri (BCB) dan Mahad Ali Scholar 2024 yang bermitra dengan 162 kampus di Indonesia.

Beasiswa Cendekia BAZNAS merupakan program BAZNAS yang memberikan dana pendidikan kepada mahasiswa yang kuliah di kampus perguruan tinggi mitra BAZNAS. Hingga saat ini, dari total 162 kampus mitra, BAZNAS memiliki 113 mitra kampus dalam negeri dan 49 mitra kampus Mahad Aly yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Program tersebut diresmikan secara langsung oleh Menteri Agama RI Yakut Chol Kumas pada Selasa bersama Ketua BAZNAS RI Noor Ahmad, Wakil Ketua BAZNAS RI Makhmad Mahmood dan pimpinan BAZNAS RI di gedung Kementerian Agama RI, Jakarta. (23/7/2024).

Dalam sambutannya, Ketua Baznas RI Noor Ahmad, MA menyampaikan bahwa program BCB merupakan program unggulan Baznas RI karena mengubah Zakat Mustahab (yang berhak) menjadi Mazaki (Pembayar Zakat) melalui program hibah pendidikan yang secara signifikan meningkatkan percepatan perubahan.

“Karena menurut penelitian kami, tunjangan ini saja yang paling cepat mengubah yang semula mustahab menjadi muzki. Mungkin mereka akan pergi paling lama lima, delapan tahun, lalu bertindak, berarti mereka menjadi munafik atau paling tidak melakukan kekerasan,” ujarnya.

Noor mengatakan, alumni Program Beasiswa Baznas saat ini berjumlah 3.552 orang dan ada pula yang pernah bekerja di ASN, perusahaan swasta, dokter, dan LSM.

Apalagi, tambahnya, Baznas tidak sekadar memberikan beasiswa kepada mahasiswa aktif. Namun pada tahun ini BAZNAS juga memberikan beasiswa kepada 7.418 calon mahasiswa yang sedang mempersiapkan diri untuk mendaftar di perguruan tinggi negeri atau pilihan.

“Terima kasih atas segala dukungan, kerjasamanya Menteri Gus, Dirjen Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, dan tentunya seluruh pimpinan Baznas yang bekerja siang malam mengembangkan program-program demi kesejahteraan umat. rakyat. masyarakat Ia mengatakan, generasi terbaik tanah air akan dikembangkan melalui program beasiswa ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendistribusian dan Pemanfaatan Baznas RI Syeda Siquan MA mengucapkan terima kasih kepada kampus mitra dan Mazki yang telah melancarkan program Baznas.

Saida melanjutkan, tahun ini Baznas bekerja sama dengan 113 perguruan tinggi dalam negeri dan 49 kampus Mehd Ali yang bermitra dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama, serta perguruan tinggi swasta yang berkualitas.

Menurut Saida, pendidikan menjadi faktor penting dalam proses transformasi keluarga mustahab menjadi muzki di masa depan. Melalui pendidikan yang baik, diharapkan anak-anak yang berhak dapat membangun kembali perekonomian keluarga sehingga menjadi lebih kuat dan keluar dari kemiskinan.

Peserta dapat mendaftar langsung di kampus masing-masing melalui Tim Seleksi Kampus. Panduan Pendaftaran Beasiswa Baznás Scholar 2024 dapat diunduh di https://bazn.as/panduanbcbdn2024, Baznás Muhd ​​​​​​​​Beasiswa Ali Scholar https://bazn.as/panduanbcbma2024 Pendaftaran Link informasi pendaftaran dapat diakses di bazn .as/inforegisterbcb2024 .

Kabag Pengumpulan Baznas RI Razauddin Karnivan, Kabag SDM dan Umum Baznas RI Noor Chamdani, Kabag Perencanaan, Pengkajian dan Pengembangan Baznas RI Zain Al Bahr Noor, Sekretaris Pusat Penerangan Baznas RI turut serta dalam acara ini Mukhlis Muhammad Hanafi, dan Deputi 2 BAZNAS RI Imdadoon Rehmat Pendistribusian dan Pemanfaatan, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama RI Wariono Abdul Ghafoor, serta pimpinan universitas dan seluruh mitra Mahad Ali BCB. Indonesia

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours