Rektor Baru UI Heri Hermansyah, Guru Besar Termuda FTUI yang Sarat Prestasi Sejak Mahasiswa

Estimated read time 3 min read

DEPOK – Begini profil Rektor UI yang baru, Pak Heri Hermansyah. Civitas akademika Universitas Indonesia (UI) kedatangan pemimpin baru yaitu Profesor Dr Ir Heri Hermansyah ST MEng IPU yang terpilih menjadi Rektor UI periode 2024-2029 pada Senin (23/9/2024).

Dalam proses pemilihan tersebut, Heri memperoleh total 18 suara, calon Rektor UI lainnya yakni Profesor Dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH MMB FINASIM FACP FACP dari Fakultas Kedokteran UI memperoleh 1 suara, dan Teguh Dartanto PhD dari perolehan suara. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI mendapat 4 suara.

Pelantikan Heri Hermansyah sebagai Rektor UI baru 2024-2029 akan dilaksanakan pada 4 Desember 2024 di Aula Purnomo Universitas Indonesia Artikel ini akan membahas tentang penampilan Kapten baru UI, Heri Hermansyah, Simak!

Biografi Pak Heri Hermansyah

Dikutip dari laman Smart City Interface, Heri merupakan pria kelahiran Sukabumi, Jawa Barat, 18 Januari 1976. Heri naik pangkat menjadi guru besar termuda di Fakultas Teknik UI. Beliau diangkat menjadi guru besar di Departemen Teknik Kimia FTUI pada tahun 2013 pada usia 37 tahun.

Heri memperoleh gelar sarjana teknik gas dan petrokimia di FKUI pada tahun 1998. Beliau kemudian memperoleh gelar master dan doktoral di Departemen Teknik Kimia, Universitas Tohoku, Jepang pada tahun 2003 dan 2006.

Di lingkungan akademik UI, Heri saat ini menjabat sebagai Dekan FT UI 2022-2026. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur Program SMART CITY UI 2017-2020 dan Direktur Community Research and Service Interfaces (DRPM) pada 2016-2018.

Siswa terbaik

Semasa mahasiswa, Profesor Heri berhasil meraih sederet penghargaan antara lain Mahasiswa UI Terbaik Bidang Penalaran (1997), Mahasiswa Terbaik TGP FTUI selama 3 tahun berturut-turut pada tahun 1995 – 1997, serta meraih Juara Ketiga pada bidang Penalaran. Masyarakat Insinyur Perminyakan. (SPE) Lomba Karya Tulis Mahasiswa (1997).

Heri bekerja di Perusahaan Perdagangan Internasional selama kurang lebih 1 tahun, kemudian diminta kembali ke almamaternya sebagai dosen.

Rencana Rektor UI 2024-2029 Heri mengatakan, beberapa permasalahan yang ada di UI antara lain perguruan tinggi belum mandiri dalam hal pendanaan dan masih bergantung pada pendapatan dari Uang Kuliah Mahasiswa (UKT) Perorangan. Ketersediaan dan mutu pendidikan modern masih kurang, termasuk rendahnya budaya kreativitas dan kewirausahaan.

5 Strategi Mempromosikan Antarmuka Sesuai Rencana Antarmuka Rektor Terpilih 2024-2029

1. Menetapkan inisiatif kewirausahaan sebagai strategi menyeluruh yang dapat dimanfaatkan.

2. Meningkatkan akses dan mutu pendidikan.

3. Penelitian dan inovasi yang efektif.

4. Peningkatan daya saing internasional.

5. Perubahan budaya dan pemerintahan.

Strategi ini dituangkan melalui 15 program berikut:

1. Reformasi administrasi.

2. Peningkatan dana abadi yang akan dikelola oleh perusahaan pengelola aset UI dan dana abadi.

3. Menumbuhkan perilaku seni dan budaya yang baik bagi masyarakat elit bangsa.

4. Meningkatkan kualitas bakat dan kewirausahaan mahasiswa.

5. Meningkatkan minat penghuni Interface.

6. Rekrut talenta internasional.

7. Meningkatkan fasilitas digital dan IT perguruan tinggi.

8. Kemitraan strategis yang berfokus pada globalisasi.

9. Pusat unggulan penelitian dan inovasi.

10. Komunikasi dan branding yang strategis.

11. Peradaban ilmiah dan budaya internasional.

12. Jaminan kualitas.

13. Perlengkapan untuk mengembangkan perguruan tinggi.

14. Pengakuan Nasional dan Internasional.

15. Partisipasi internasional & internasional.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours