KPU DKI cetak surat suara mulai awal Oktober 2024

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Panitia Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan mulai mencetak surat suara pemilihan presiden (Pilkada) provinsi pada awal Oktober 2024.

“Untuk surat suara, kami akan mulai menyiapkan surat suara pada awal Oktober. Karena desain surat suara baru akan kami putuskan pada tanggal 23 (September),” kata Kepala Bidang Perencanaan dan Logistik KPU DKI Jakarta. , Nelvia Gustina kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Pada 26-28 September 2024, DKI menggelar Rapat Gabungan (Rakor) KPU DKI untuk memutuskan produksi dan distribusi surat suara untuk lima kota administratif dan satu kabupaten di Provinsi Jakarta.

“Di sana kita juga membahas proses alokasi dan persiapannya. Kapan kita mulai rapatnya, kapan kita membagikan surat suara, kapan kita menghitungnya, berapa dana yang dikeluarkan dan lain sebagainya,” kata Nelvia.

KPU DKI telah berkoordinasi dengan Pemda DKI Jakarta di lokasi untuk mengumpulkan logistik Pilkada 2024 di masing-masing daerah.

“Kami akan menggunakan aula kantor daerah untuk pemilu kali ini. Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dengan mengatur teman-teman dari pemerintah daerah untuk menyediakan fasilitas toko di tingkat daerah,” kata Nelvia.

Banyak balai sub-regional yang telah disetujui untuk digunakan, namun beberapa area masih dalam tahap pengerjaan perhitungan kapasitas.

“Kekuatan banyak daerah pemilihan masih dievaluasi. Karena kalaupun ada kotak suara, jumlah TPSnya tetap banyak. Tentu kita sedang mengevaluasi kekuatan daerah pemilihan tersebut,” ujarnya. Nelvia.

Nelvia memastikan 44 wilayah DKI Jakarta akan mendapat ruang gudang logistik. Benar (wilayah setempat, lokasi gudang logistik), kata Nelvia.

Sebanyak 14.920 kotak suara dan 59.328 TPS dialokasikan di lokasi penyimpanan logistik di enam kota/kabupaten di Jakarta pada Rabu.

Sebelumnya, KPU DKI Jakarta juga menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 8.214.007 orang dengan total 14.835 tempat pemungutan suara (TPS).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours