Kadin Jatim: Strada PVPV jadi pedoman Tim Koordinasi Daerah Vokasi

Estimated read time 2 min read

Surabaya (ANTARA) – Strategi Pendidikan Kejuruan dan Pelatihan Kejuruan (Strada PVPV) yang disetujui gubernur setempat menjadi acuan koordinasi profesional daerah, menurut Adik Dwi Putranto, Presiden Konfederasi Perdagangan dan Industri (KADIN). Tim (TKDV) untuk mencapai pendidikan profesional yang lebih baik.

“Kadin Jatim harus melaksanakan amanat Perpres 68/2022,” kata Adik dalam keterangannya di Surabaya, Sabtu.

Adiq menjelaskan, tujuh strategi regional telah ditetapkan untuk membangun sistem informasi pasar tenaga kerja yang maju dan komprehensif.

Beliau mengatakan, “Memperkuat peran federasi perdagangan dan industri regional dalam implementasi PVPV, dengan menerapkan sistem manajemen pendidikan menengah kejuruan berdasarkan kinerja dan standar nasional pendidikan tinggi vokasi.

Selain itu, tambahnya, berdasarkan kebutuhan pasar kerja, telah dilaksanakan pelatihan vokasi berbasis kompetensi yang efektif, efisien dan berbasis permintaan serta pemantauan dan evaluasi efektivitas pelaksanaan revitalisasi PVPV. .

“Kami terus melatih on the job trainer karena ini kunci penerapan program vokasi sistem ganda. Namun pada tahap ini fokus kami pada industri makanan dan minuman (mamin),” ujarnya.

Adik mengatakan, pemilihan tersebut didasari oleh minimnya industri makanan dan minuman serta besarnya potensi industri tersebut di Jawa Timur.

“10 peserta dari TKDV dan 10 peserta dari MAMIN akan mengikuti pelatihan pelatih tempat kerja pada bulan September. Karena dalam beberapa latihan yang kami lakukan, profesi mamin jarang dilibatkan. “Padahal, on the job training adalah kuncinya.” untuk magang yang sukses, ” kata Adick.

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Sekdaprof) Bobby Someyarsono mengatakan, prioritas Program Karya Jalanan Profesional Jatim telah disusun di masing-masing gugus tugas (Pokja).

Mengingat pentingnya implementasi Perpres Nomor 68 Tahun 2022 tentang Kebangkitan PVPV dan Keputusan Gubernur Jawa Timur, maka TKDV Jatim merupakan koordinasi profesional yang berkesinambungan dari berbagai wilayah perkotaan dan mengintegrasikan rencana PVPV Jatim. melibatkan semua sektor di provinsi dan perkotaan,” kata Bobby.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours