Angkatan Udara AS dan TNI AU Rampungkan Latihan Cope West 2024

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Personil TNI Angkatan Udara Pasifik Amerika dan TNI AU (TNI AU) melakukan latihan mobilitas bilateral Cope West 2024 di Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh di Malang, Indonesia pada tanggal 22-26. Juli

Dalam latihan ini, kurang lebih 25 personel militer AS berlatih bersama personel TNI-AU. Meskipun abu letusan membatasi kemampuan peserta untuk melakukan latihan taktis yang direncanakan, kedua angkatan udara berpartisipasi dalam pertukaran keahlian (SMEE) mengenai topik medis seperti keamanan pangkalan, pemeliharaan operasional dan pengobatan luar angkasa, serta kedokteran penerbangan.

“Tahun ini menandai peringatan 75 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Indonesia—hubungan yang dibangun berdasarkan komitmen bersama kita terhadap nilai-nilai demokrasi, pluralisme, dan supremasi hukum,” kata Mayor Angkatan Udara A.S. Jenderal Brian S. Laidlaw. di final Cope West.

“Latihan Cope West memberikan kesempatan berharga bagi Angkatan Udara AS di Pasifik dan TNI-AU untuk membangun hubungan ini dan berlatih bersama setiap tahunnya,” ujarnya.

Brian S Laidlaw mengatakan, pihaknya mengapresiasi pelatihan dan kesempatan untuk meningkatkan serta memperluas persahabatan dan kemitraan strategis.

“Untuk meningkatkan interoperabilitas dan meningkatkan kemampuan kolektif kami untuk mencapai misi kami sebagai Angkatan Udara,” katanya.

Dalam latihan ini, Angkatan Udara Pasifik A.S., melalui koordinasi dengan aktor, sekutu, dan mitra lain, memberikan Komando Indo-Pasifik A.S. kemampuan udara, ruang angkasa, dan dunia maya yang tak tertandingi untuk menjaga ketertiban internasional dan memastikan Indo-Pasifik yang Bebas dan Terbuka secara regional . .

Cope West merupakan kegiatan rutin yang pertama kali diadakan pada tahun 1989. Tahun ini merupakan acara Cope West yang ke-11 diadakan di Indonesia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours