NASA tunda peluncuran misi sains baru ke Mars

Estimated read time 1 min read

New York (ANTARA) – NASA pada Jumat (6/9) mengumumkan telah memutuskan untuk menunda peluncuran misi sains baru ESCAPADE (Escape and Plasma Acceleration and Dynamics Explorers) ke Mars.

Misi ESCAPADE akan menggunakan dua pesawat ruang angkasa yang sama untuk mempelajari bagaimana angin matahari berinteraksi dengan lingkungan magnet Mars, membantunya keluar dari atmosfer planet.

Sebelumnya, misi tersebut dijadwalkan diluncurkan pada 13 Oktober tahun ini dari Space Flight Complex 36 di Space Force Station di Cape Canaveral, Florida, menggunakan roket New Glenn milik Blue Origin.

NASA mengatakan keputusan untuk menunda peluncuran dilakukan untuk menghindari kendala biaya, jadwal, dan teknis yang signifikan terkait dengan kemampuan mengeluarkan bahan bakar dari pesawat ruang angkasa jika terjadi penundaan peluncuran, yang dapat disebabkan oleh sejumlah faktor.

Konjungsi Bumi dan Mars membatasi kemungkinan penerbangan ESCAPADE ke Planet Merah. Hal ini, kata NASA, berarti perubahan kecil pada jadwal dapat menunda peluncuran hingga beberapa bulan.

Tim misi sedang menganalisis jangka waktu yang lebih besar untuk opsi peluncuran ini. NASA dan Blue Origin juga sedang mendiskusikan peluang tambahan untuk meluncurkan pesawat ruang angkasa ke Mars pada musim semi tahun 2025.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours