Lolos Jadi Cagub Independen Jakarta, Dharma Pongrekun: Kami Bukan Setingan

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Pasangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana dinyatakan memenuhi syarat dan bisa mendaftar Pilkada Jakarta 2024 melalui jalur independen. Dharma membantah bisa ikut pilkada karena pengaturan tersebut.

Dharma mengatakan KPU dan Bawaslu bekerja profesional dengan peraturan yang berlaku.

“Jadi ini harus saya klarifikasi agar tidak ada anggapan bahwa ini pengaturan KPU. Sama sekali tidak. KPU dan Bawaslu memang melakukan ini secara profesional dan berdasarkan aturan hukum,” kata Dharma kepada wartawan saat itu. DKI Jakarta di Kantor KPU, Kamis (15/08/2024).

Dharma menegaskan, pasangan jalur independen Pilkada Jakarta tidak dikembangkan atau diciptakan. Menurut dia, dirinya belum mengetahui apa yang akan terjadi pada Pilkada Jakarta mendatang.

“Kita tidak sesuai rencana, kita bukan lokasi, tidak. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depan. Jadi kita mulai bekerja dari awal Februari dan kita mendaftar dari Mei. Sampai saat itu, kita benar-benar berjalan bersama masyarakat dan tidak ada seorang pun di belakang kami,” katanya.

Sebelumnya, KPU melaporkan pasangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana lolos pemeriksaan fakta atas dua tuntutan pendukung calon perseorangan gubernur dan wakil gubernur Provinsi DKI Jakarta. Kepala Bagian Teknis KPU DKI Jakarta Dody Wijaya mengatakan, pasangan mandiri itu mendapat dana hibah sebanyak 677.468 orang.

“Jadi dari hasil tampilan ulang data akhir, total pasangan calon yang memenuhi syarat sebanyak 677.468 catatan dan melampaui syarat dukungan minimal sebanyak 618.968 dukungan,” kata Dody kepada wartawan, Kamis (15/08/2024).

Dody menjelaskan, berdasarkan pengecekan fakta kedua, terdapat 826.766 tunjangan. Untuk data patuh terdapat 494.467 dukungan dan 332.299 dukungan tidak patuh.

Jadi kalau dijumlahkan data yang memenuhi syarat pada Cek Fakta 1, ada 183.001 data pendukung, total calon pasangan calon pada hasil tampilan ulang data akhir sebanyak 677.468, kata Dody.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours