Kiai Malik, Pejuang Hizbullah Sakti dari Malang Tak Mempan Ditembak Belanda

Estimated read time 2 min read

Hizbullah merupakan salah satu kekuatan militer yang mempertahankan kemerdekaan NKRI di Malang. Satuan ini dikenal memiliki kelebihan dan kesaktian dibandingkan pasukan lainnya.

Salah satu prajurit yang terkenal dengan kemampuan supranaturalnya adalah Kiai Malik, Eko Irawan Kolumnis Sejarah Kiai Malik adalah salah satu pahlawan tentara Hizbullah yang berasal dari Tanjunggrejo, Sukun, Malang namun bermarkas di Pasuruan.

Eko Irawan kepada iNews Media Group di Malang, Sabtu (17/8/2024) “Dia adalah prajurit Hizbullah yang terdiri dari unsur tokoh agama dan santri yang berjuang mempertahankan kemerdekaan NKRI.”

Menariknya, kecelakaan itu terjadi saat ia meninggalkan tugasnya untuk pulang ke Malang dari Pasuruan. Dalam perjalanan pulang, Kiai Malik yang sedang hati-hati sembunyi-sembunyi ditangkap tentara Belanda. Ia kemudian dipenjarakan oleh pasukan Sekutu, termasuk Belanda.

“Dia ditangkap di Buringa, tempat makamnya, dalam perjalanan pulang dari Pasuruan. “Ketika mereka ditangkap, mereka menembaknya di penjara, tapi dia baik-baik saja, dia tidak mati.

Ternyata bukan hanya Kiai Malik saja yang disiksa, ia juga digantung hidup-hidup di Sungai Amprong, namun Kiai Malik tidak tewas. Pria yang meninggal pada tahun 1949 ini tidak meninggal saat menarik mobil jeep.

“Dia begitu sakti sehingga Belanda tidak tahu cara membunuhnya. Dia akhirnya ditembak mati dengan senjatanya sendiri. “Jadi dia menodongkan pistol ke mulutnya lalu dia menembak dirinya sendiri dan dia meninggal,” jelasnya.

Dari situlah akhirnya Letda Inf. KH. Malik meninggal pada tanggal 5 Januari 1949. Ia akhirnya dimakamkan di Desa Buring, sekitar Jembatan Kedungkandang, sebelah timur Jalan Mayen Sungkono yang sekarang.

– Padahal dia tokoh agama, ulama. Mungkin tindakannya tidak biasa, sehingga kesaktiannya tidak masuk akal pada saat itu. “Bahkan Belanda sangat takut dengan kehadirannya,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours