Lanud El Tari Kupang Diproyeksikan Jadi Pangkalan Pesawat Tempur

Estimated read time 2 min read

KUPANG – Pangkalan Udara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), diharapkan bisa menjadi pangkalan jet tempur. Hal itu disampaikan Komandan Operasi Udara (Pangkupsud) II Marsda TNI Budi Achmadi.

Menurut dia, hal itu dilakukan untuk memperkuat pertahanan di perbatasan timur Indonesia yang berbatasan dengan dua negara asing.

“Dalam jangka panjang, kemungkinan besar kami akan mengalokasikan anggaran untuk mempertahankan jet tempur di sini,” kata Ahmadi, Minggu (4/8/2024) saat mengunjungi Lanud El Tari dan menggelar berbagai kegiatan sosial di Kupang.

Pangkalan Udara El Tari terletak di dekat perbatasan dua negara, Timor Timur dan Australia. TNI AU bermarkas di sana bersama Unit Radar 226 Buran, Kabupaten Kupang.

Keberadaan Radar Buran sangat penting sebagai pengawasan Indonesia atas langit perbatasan dua negara tetangga, Indonesia dan Timor-Leste serta Australia.

Namun targetnya tergantung anggaran yang ada. Menjadikan Lanud El Tari sebagai home base jet tempur, diakuinya, membutuhkan anggaran lebih besar.

Karena itu, kami akan menyesuaikannya kembali dengan anggaran yang ada, katanya.

Komandan Lanud El Tari Kupang (Danlanud), di hadapan Marsma TNI Joko Hadipurwanto. Pangkalan Udara El Tari merupakan titik penting di kawasan perbatasan. Pertahanan udara yang memadai di wilayah perbatasan sangat penting untuk melindungi wilayah perbatasan.

Jenderal L Tari mengatakan hal itu mengingat pembangunan infrastruktur Bandara Kupang yang terus mengalami kemajuan. Hadipurwanto mengatakan: “Terdapat sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung operasional pesawat tempur.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours