Indonesia hajar Argentina dengan skor 2-1 di Seoul Earth On Us Cup

Estimated read time 3 min read

Jakarta (ANTARA) – Tim U-20 India mengawali babak kualifikasi Piala Asia AFC 2025 pada September lalu dengan baik setelah mengalahkan Argentina 2-1 pada laga pembuka di Seoul 2024. Piala Dunia sudah di depan mata di Stadion Mokdong , Korea Selatan, Rabu.

Tim U-20, tanpa Jens Raven, Welber Jardim, dan Kafiatur Rizky, tak kehilangan tenaga di laga kali ini.

Namun pada babak pertama, Indra Sjafri yang dilatih tim asal Argentina pimpinan Claudio Oscar Gugnali beberapa kali melakukan serangan.

Pada menit ke-17, pemain Indonesia Ikram Algiffari mematahkan bola setelah Mirko Juarez mencetak gol usai menerima sundulan rekan setimnya. Argentina menang 1-0.

Pada menit ke-28, Argentina nyaris mencetak gol kedua melalui Tomas Bernardoni. Namun tendangan bebas berhasil dioper oleh nomor dua puluh dan bola berhasil dicetak oleh Ikram.

Skor 1-0 untuk La Albiceleste hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, pasukan Garuda Nusantara semakin menggencarkan serangan. Mereka menguasai bola dan berkali-kali Argentina bermasalah dengan penguasaan bola.

Indonesia mulai memanfaatkan peluang pada menit ke-63 lewat tembakan Marcelinus Ama Ola yang menggantikannya dari sisi kanan.

Pemain berusia 19 tahun itu melepaskan tendangan bebas yang disambut Dony Tri Pamungkas dari kiri.

Kapten, tanpa ragu-ragu, menerima pukulan pertama. Kiper Lucas Sebastian Schneider memblok bola. Namun, beruntung bek Nazareno Roselli ada di saat yang tepat untuk menghentikan sepakan pemain Persija Jakarta itu ke gawang.

Dua menit berselang, giliran Riski Afrisal. Namun, upaya penembakannya terus berlanjut.

Baca juga: Indra Sjafri Jelaskan Alasan Tim U-20 Lolos ke Turnamen di Korea Selatan

Bola yang ditunggu Indonesia datang pada menit ke-75. Diawali situasi bola mati dari Maouri Ananda, Kadek Arel melewati kiper Lucas dan membawa bola ke gawang yang kosong.

Terhitung dari Piala AFF U-19 2024 di Surabaya beberapa waktu lalu, ini merupakan gol keempat Kadek dari bola mati. Skor imbang 1-1.

Indonesia seolah mendapat angin kedua setelah mencetak gol.

Pada menit ke-79, Indonesia tak sempat membalikkan keadaan setelah Maouri memberikan pelukan, kali ini hadiah tendangan penalti diberikan setelah Lucas melakukan pelanggaran terhadap Muhammad Ragil. Pertandingan dimenangkan Indonesia 2-1.

Ragil nyaris menambah gol pada menit ke-83, namun sepakannya masih melebar.

Satu menit berselang, Toni Firmansyah mendapatkan peluang emas yang membawa Merah Putih unggul 3-1. Namun tendangan bebasnya dihentikan oleh wasit.

Hingga gol panjang, skor 2-1 tak berubah. Indonesia yang tertinggal berhasil memenangkan laga melawan tim nomor satu dunia, Argentina, dengan skor 2-1.

Usai laga melawan Argentina, Indonesia akan menghadapi Thailand pada laga kedua, Jumat (30/8), dan Korea Selatan pada Minggu, 1 September.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Indonesia U-20: Ikram Algiffari, Kadek Arel, Muhammad Alfarezzi Buffon, Meshaal Hamzah, Dony Tri Pamungkas, Iqbal Gwijangge, Figo Dennis, Toni Firmansyah, Camara Ousmane Maiket, Riski Afrisal, Arlyansyah Abdulmanan.

Instruktur: Indra Sjafri

Argentina U-20: Lucas Sebastian Schneider, Zahir Jose Rached, Nazareno Roselli, Mirko Juarez Zemlich, Jonathan Leonel Ledesma, Tiago Esidin Gonzalez, Rodrigo Ezequiel Stocco, Matias Gabriel Favale, Santiago Collidio, Mateo Daniel Benegas, Tomas Agustini Bernardoni.

Pelatih: Claudio Oscar Gugnali

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours