Galang dan Aldi raih podium di World Supersports 300 Prancis

Estimated read time 3 min read

JAKARTA (ANTARA) – Kakak beradik balap Indonesia Galang Hendra Pratama dan Aldi Satya Mahendra berhasil menorehkan sejarah di dunia balap motor internasional dengan meraih podium pada putaran ke-8 balapan Motul di Prancis, di World Supersport. 300 (“WorldSSP300”) di Sirkuit Nevers Magny-Cours, Prancis, Sabtu, 7 September 2024.

Galang merupakan pebalap tim NitiRacing Yamaha ProGP, sedangkan sang kakak Aldi merupakan pebalap tim Brcorse Yamaha.

Sang kakak, Galang, berlaga di FIM Superbike World Championship (WSBK) 2014 di seri WorldSSP300. Sedangkan adiknya Aldi berlaga di Kejuaraan WSBK di seri yang sama tahun ini, meski berada di tim yang berbeda.

Pada tahun 2024, Galang meraih dua kali dan Aldi enam kali.

Kesuksesan kakak beradik tersebut tak lepas dari dukungan orang tuanya, pebalap nasional era 1990-an, yakni Dicky Hestu dan Desi Prasanthi.

“Ibu dan Ayah adalah sumber inspirasi dan motivasi kami.” kata Pak Galang mengacu pada keterangan tertulis resmi yang diterima pelapor.

Kejuaraan yang digelar di Eropa ini memberikan tantangan tersendiri bagi Galang dan Aldi yang berasal dari Yogyakarta. Pada setiap serinya, mereka akan mengikuti serangkaian kompetisi yang terdiri dari dua balapan, dimana hasilnya akan dicatat di akhir kompetisi.

Pada ronde ke-8 WorldSSP300, Aldi mampu merebut posisi pertama superpole sehingga menempati posisi pertama klasemen, Galang start dari posisi ke-12 di Race 1.

Tabel start berbeda terjadi pada balapan kedua, dimana Galang finis di peringkat 5 dan Aldi start di peringkat 3. Mereka bersaing dengan pebalap asal Belanda, Spanyol, Italia, Republik Ceko, Prancis, Australia, Jerman, Brasil, Inggris, dan Denmark.

Sungguh mengesankan mereka bisa menyelesaikan dua balapan dan terus naik podium. Galang menempati posisi ketiga dan Aldi kedua pada balapan pertama, kemudian Galang finis kedua dan Aldi ketiga pada balapan kedua.

“Driver WorldSSP300 memberikan hasil yang luar biasa. “Kami harus selalu fokus dan melihat peluang yang ada di setiap balapan,” kata Aldi.

Munculnya Galang dan Aldi di atas panggung merupakan kado istimewa bagi kedua orang tuanya, khususnya Dickie, sang ayah yang berulang tahun di bulan September tahun ini.

“Orang tua kami adalah pembalap. Dulu mereka bergelut di dunia balap nasional, kini kami anak-anak mereka masih bergelut di dunia balap internasional. “Kemenangan ini ingin kita persembahkan untuk ayah dan ibu,” kata Aldi.

Kesuksesan Galang dan Aldi tak lepas dari tim balap dan sponsor yang mendukung mereka sepanjang balapan.

Sponsor sangat berarti bagi mereka berdua. Kesuksesan yang diraih 8 tim WorldSSP300 membuat mereka semakin yakin bahwa meraih gelar juara dunia bukanlah hal yang mustahil.

“Kami berharap dapat menemukan sponsor yang memiliki visi dan misi yang sama dan dapat menempatkan kami dalam satu tim sehingga kami bisa lebih fokus untuk meraih gelar juara dunia,” pungkas Galang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours